Salin Artikel

Balita yang Terluka di Kepala Kena Benda Mirip Peluru Dirawat di RS Dr Sardjito Yogyakarta

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Balita yang terluka dan di kepalanya terdapat benda asing diduga mirip peluru telah menjalani operasi di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

Saat ini, balita tersebut masih dalam perawatan pasca operasi.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan mengatakan, ada satu pasien inisial J perempuan usia 4 tahun masuk di IGD pada 18 Desember 2022 pukul 16.48 WIB.

"Saat masuk RSUP Dr Sardjito pasien mengalami gangguan kesadaran dan tampak luka terbuka di bagian kepala," ujar Banu Hermawan, Selasa (20/12/2022).

Banu menyampaikan selanjutnya dilakukan penanganan medis sesuai prosedur. Pasien juga menjalani tindakan operasi pada 19 Desember 2022.

"Dilakukan operasi jam 6.00 WIB sampai dengan 13.00 WIB. Ditemukan korpal yang masuk di bagian kepala," urainya.

Benda asing yang berada di bagian kepala pasien telah diangkat. Selanjutnya akan dilakukan analisa di Laboratorium Forensik RSUP Dr Sardjito.

"Jadi setiap benda asing itu kita analisa secara forensik dulu. Nanti akan kita laporkan polisi, kebetulan kan sudah ada permintaan dari kepolisian terkait benda apa dan lain sebagainya," ungkapnya.

Di Laboratorium Forensik RSUP Dr Sardjito, lanjut Banu, nantinya benda asing tersebut akan diukur. Kemudian diserahkan ke pihak kepolisian.

"Kayak gitu kan kita mengukur bendanya, lebar benda dan lain sebagainya. Jadi ketika kita serahkan ke kepolisian itu polisi sudah punya data," urainya.

Saat ini, lanjut Banu, pasien masih menjalani perawatan intensif usai menjalani operasi.

"Pasien masih di ruang intensif anak," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, beredar kabar balita perempuan berusia sekitar 4 tahun mengalami luka di kepala saat bermain di halaman salah satu warung di daerah Kapanewon Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Dari hasil rontgen didapati di kepala anak tersebut terdapat benda asing diduga mirip peluru.

Peristiwa ini terjadi pada Minggu (18/12/2022) sekitar pukul 12.00 WIB. Balita tersebut kemudian dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/21/064043478/balita-yang-terluka-di-kepala-kena-benda-mirip-peluru-dirawat-di-rs-dr

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke