Salin Artikel

Pemkot Yogyakarta Mulai Gelar Vaksin Booster Dosis 2 bagi Lansia

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memulai vaksinasi booster dosis kedua kepada lansia di Kota Yogyakarta.

Vaksinasi kali ini dilakukan di Balai Kota Yogyakarta.

Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan, vaksin booster dosis kedua sudah dimulai sejak awal November lalu.

"Untuk vaksin 1 sudah 81 persen, kami giatkan bagi lansia karena rawan dan rentan ketahanan tubuhnya. Rata-rata memiliki komorbid," kata Sumadi pada Kamis (15/12/2022).

Sumadi membeberkan, cakupan vaksin pertama dan kedua di wilayah Kota Yogyakarta sudah 200 persen. Ditargetkan untuk vaksinasi booster kali ini bisa melebihi 100 persen.

"Kami imbau khususnya lansia untuk bisa segera vaksin, vaksin disediakan di puskesmas ada semua," ujar dia.

Sasaran vaksinasi booster dosis kedua kali ini untuk lansia yang berdomisili Yogyakarta, KTP Yogyakarta, maupun untuk warga di luar Kota Yogyakarta.

"Kalau ada yang lewat Yogyakarta (lansia) kita tompo (terima) selama logistiknya ada. Ini untuk lindungi lansia," ucap dia.

Pemkot Yogyakarta berencana memberikan vaksinasi booster kedua kepada masyarakat umum jika mendapatkan izin dari pemerintah pusat.

"Setelah vaksin lansia kami lanjutkan ke masyarakat umum kalau dapat izin pemerintah pusat," kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta Emma Rahmi Aryani mengatakan, vaksinasi booster kedua bagi lansia dilakukan secara primer di puskesmas-puskesmas, dengan jadwal seminggu satu kali.

"Memang sekarang tidak mudah mencari sasaran. Sehingga, puskesmas ini buka seminggu sekali untuk mengumpulkan dulu sasaran karena kalau sasaran tidak banyak itu eman-eman vaksinnya," kata dia.


Untuk memulai vaksin booster dosis kedua kali ini Pemkot Yogyakarta menyediakan 200 dosis vaksin.

Emma menuturkan, saat dibuka, pendaftaran minat masyarakat tergolong minim.

"Yang mendaftar juga agak minim, kami lalu ke wilayah di wilayah pun mengumpulkan sasaran, kemudian tadi sudah 110," kata dia.

Dosis yang diberikan kepada lansia untuk vaksinasi booster kedua ini hanya setengah dosis para lansia juga diberikan obat penurun panas.

"Jika ada gejala diberi obat, untuk antisipasi kalau misalnya panas, kami beri parasetamol," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/15/134406178/pemkot-yogyakarta-mulai-gelar-vaksin-booster-dosis-2-bagi-lansia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke