Salin Artikel

Kaesang dan Erina Langsung Dapat KTP Baru Usai Ijab Kabul, Ini Penjelasan Disdukcapil Sleman

Terkait hal itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sleman, Susmiarto memberikan penjelasan.

Susmiarto mengatakan KTP yang diberikan kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono usai ijab kabul hanya mengubah status dari belum kawin menjadi kawin.

"Iya, mengubah status di KTP," katanya saat dihubungi, Senin (12/12/2022).

Susmiarto menyampaikan ada delapan sampai sembilan kecamatan di Kabupaten Sleman yang memiliki program pasangan baru pernikahan langsung mendapatkan KTP. Nama program tersebut disetiap kecamatan berbeda-beda.

"Namanya macam-macam. Ada yang memberi nama kado manten, ada mangayubagyo, ada tondo treno. Misalnya Kecamatan Sleman itu tondo tresno, terus kado manten itu Cangkringan atau Pakem," tuturnya.

Terkait dengan proses Kaesang Pangarep dan Erina Gudono, Susmiarto menjelaskan yang mendata dari KUA Depok, Kabupaten Sleman. Dari KUA Depok lantas menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sleman.

"Terus saya coba komunikasikan dengan (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil ) Surakarta. Kami Sleman kan bisa mencetak KTP, tetapi tidak bisa mengubah data," urainya.

"Prosesnya kalau sudah ada perubahan status perkawainan itu kan dasarnya akte nikah dari KUA, terus kita komunikasikan dengan dinas Dukcapil Surakarta terus di sana menginput datanya mengubah status perkawinan," urainya.

Program ini lanjut Susmiarto berlaku untuk semua warga masyarakat yang melangsungkan pernikahan.

"Misalnya ada peristiwa pencatatan perkawinan selain agama Islam, itu juga gitu. Misalnya hari Sabtu, hari Minggu ya seperti itu. Jadi prosesnya sebelumnya tapi saya tanda tangan elektronik ya pada tanggal itu. Kemudian teman-teman mencetak dan diserahkan," tegasnya.

Jika pasangan pengantin berasal dari satu kecamatan maka bisa langsung dicetak. Hanya saja, jika pasangan berbeda kabupaten atau provinsi maka harus ada komunikasi antarDukcapil.

"Karena ini (Kaesang dan Erina) antarkabupaten Kami komunikasi dengan Dinas Dukcapil Surakarta," imbuhnya.

Susmiarto mengungkapkan KTP yang diberikan usai pernikahan Kaesang dan Erina tersebut tidak menyimpang dengan aturan.

"Prinsipnya memanfaatkan sistem aplikasi yang bisa dilakukan, jadi tidak menyimpang dengan aturan, tidak menyimpang dengan sistem, nggak bisa kami," ungkapnya.

Susmiarto menuturkan status Erina Gudono masih penduduk Sleman. Sedangkan Kaesang Pangarep penduduk Surakarta.

"Masih KK sendiri-sendiri, karena belum ada permintaan, kan kalau (dijadikan satu KK) kan harus mindah. Kita tidak mindah penduduk, jadi Mba Erina itu masih ikut KK ibunya, terus Mas Kaesang itu ikutnya Mas Gibran," ucapnya.

Menurut Susmiarto ketika Kaesang dan Erina nantinya akan menjadikan satu KK, maka harus mengurus ke Disdukcapil.

"Kalau nanti mau jadi satu KK entah di Solo atau di Yogya nanti ada proses pindah lagi. Pindah penduduk," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/12/192724578/kaesang-dan-erina-langsung-dapat-ktp-baru-usai-ijab-kabul-ini-penjelasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke