Salin Artikel

Mengenal Paes Ageng, Riasan Pengantin Khas Putri Keraton Yogyakarta

KOMPAS.com - Dalam sebuah acara pernikahan terutama dalam adat Jawa, riasan pengantin menjadi salah satu hal yang menjadi perhatian.

Terlebih gaya riasan pengantin adat Jawa memiliki aturan tersendiri karena terkait dengan berbagai simbol dari falsafah hidup yang bernilai tinggi.

Salah satu ciri khas riasan pengantin adat Jawa ada pada paes atau riasan khas pada bagian dahi yang digunakan pengantin wanita.

Dikutip dari laman indonesia.go.id, paes atau pepaes memiliki arti membuat indah atau rerenggan pada bagian dahi pengantin wanita.

Riasan ini pada awalnya hanya meliputi kecantikan wajah, termasuk membersihkan rambut halus di dahi, mempercantik alis, mata, dan sebagainya.

Namun seiring berjalannya waktu, paes juga dimaknai sebagai kegiatan merias diri, yang dalam bahasa Jawa disebut ngrengga badan.

Sehingga terkadang paes juga dimaknai sebagai riasan lengkap yang meliputi seluruh badan dan tidak hanya wajah ataupun rambut.

Di Keraton Yogyakarta sendiri terdapat beberapa jenis tata rias pengantin yang hingga kini masih terus dilestarikan, di antaranya adalah Paes Ageng.

Paes Ageng merupakan tata rias yang digunakan oleh keluarga Keraton Yogyakarta saat melangsungkan pernikahan.

Riasan pengantin dengan gaya Paes Ageng semula hanya boleh digunakan oleh keluarga kerajaan di lingkungan keraton. Namun seiring berjalannya waktu, riasan ini boleh dipakai oleh masyarakat umum.

Pola rias atau cengkorongan paes dapat diamati mulai dari bagian tengah yaitu bentuk penunggul atau gajahan, pengapit, penitis, dan godheg.

Paes Ageng dengan gaya Keraton Yogyakarta identik dengan riasan berwarna hitam dengan bentuk meruncing serta sedikit melengkung seperti daun sirih.

Sementara paes daerah lain seperti gaya Keraton Surakarta biasanya memiliki paes lebih lebar dengan ujung berbentuk oval.

Perbedaan lainnya terletak pada penggunaan prada atau serbuk emas di bagian tepi paes pada beberapa jenis riasan Paes Ageng seperti Paes Ageng Jangan Menir dan Paes Ageng Kanigaran.

Sementara dilansir dari laman Tribunmataraman.com, pada riasan paes ageng yang sesuai aturan atau pakem, maka bentuk alis pengantin akan dibuat menyerupai tanduk rusa di bagian ujungnya yang disebut alis menjangan.

Selain alis, ada juga riasan mata yang diberi celah-celah disebut jahitan mata yang berfungsi agar mata tampak indah dan memberi kesan redup.

Sebagai pelengkap, biasanya paes akan dilengkapi dengan sanggul bokor mengkurep, gajah ngoling sumping pupus ron kates, raja keputres, serta kampuh atau dodot.

Sumber:
ndonesia.go.id  
mataraman.tribunnews.com 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/10/132810378/mengenal-paes-ageng-riasan-pengantin-khas-putri-keraton-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke