Salin Artikel

Polda DI Yogyakarta Siapkan 400-500 Personel Amankan Rangkaian Acara Pernikahan Kaesang-Erina

Polda menyatakan, mereka menyiapkan sekitar 400-500 personel untuk mengamankan mulai dari prosesi siraman hingga akad nikah.

Wakapolda DIY, Brigjen Pol Slamet Santoso menjelaskan, pada prinsipnya pengamannya sama seperti di akhir pekan, mengingat kunjungan wisatawan meningkat.

"Cuma nanti perkuat di tiap-tiap jalur, di seluruh jalur sehingga acara juga bisa berjalan dengan lancar karena ada beberapa event pada hari itu dan masyarakat juga bisa melaksanakan kegiatannya masing-masing, jadi berjalan simultan lah," jelas Slamet saat ditemui di Kompleks Kepatihan, Senin (5/12/2022).

"Enggak ada khusus, jadi pengamanan kita keseluruhan dari semua kegiatan itu berkisar 400-500 orang. Semuanya. Dari Ambarrukmo sampai rumah," kata dia.

Slamet menambahkan 400 hingga 500 anggota tersebut disebar di sekitar kediaman Erina dan juga sekitar Ambarrukmo.

"Enggak itu di seluruh, jadi rangkaian kan ada mulai dari kediaman, Ambarrukmo dan tamu-tamu lainnya termasuk kebutuhan masyarakat lainnya, itu ada beberapa, kita perkiraan sejumlah itu," kata dia.

Disinggung soal rekayasa lalu lintas Slamet menjelaskan bahwa Polda DI Yogyakarta mengamankan seluruh wilayah di DIY hal ini sama seperti pengamanan saat akhir pekan di DIY.

"Kita prinsipnya adalah mengamankan seluruh wilayah DIY dalam hal ini kita terbiasa selama weekend Jumat, Sabtu, Minggu cuma nanti kita perkuat di tiap-tiap jalur," kata dia.

Ia juga memastikan masyarakat yang hendak berbelanja di mal yang berada dekat dengan Royak Ambarrukmo tetap diperbolehkan, karena tidak ada penutupan mal saat rangkaian acara pernikahan berlangsung.

"Amplaz (Ambarrukmo Plaza) tetap jalan biasa. Ora to ya (tidak tutup). Kalau masyarakat yang belanja ya belanja," kata dia.

Selain itu, Slamet juga menjamin bahwa di sekitar lokasi pernikahan tidak pernah terjadi kemacetan tetapi hanya kepadatan kendaraan.

"Kita enggak ada yang macet, hanya padat saja," ujarnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/05/115329378/polda-di-yogyakarta-siapkan-400-500-personel-amankan-rangkaian-acara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke