Salin Artikel

Pemerintah DI Yogyakarta Segera Bantu Mahasiswa Asal Cianjur, Sultan: Jangan Sampai Mereka Drop Out

Sultan mengatakan bahwa Pemerintah DIY telah mengantongi nama dan alamat mahasiswa Cianjur yang kuliah di Yogyakarta, di mana sampai saat ini sudah terkumpul sebanyak 107 mahasiswa.

"Kita segera tangani karena ada daftar by name by adress 107 korban gempa Cianjur. Orangtua tidak bisa kirim uang, seperti biasa kami meminta kampus untuk memberikan keringanan jangan sampai 107 orang ini drop out," kata Sultan ditemui di Kantor BPBD DIY, Jumat (2/11/2022).

Sultan menambahkan untuk biaya kehidupan sehari-hari, Pemerintah DIY juga akan berpartisipasi untuk meringankan beban para mahasiswa.

"Living cost kami berpartisipasi, ini rutin kita lakukan seperti kalau wilayah lain ada gempa (bencana)," imbuh Sultan.

"Nanti bentuk bantuannya tadi yang disampaikan pak gubernur bebas kuliah atau sekolah, mereka kan terdampak orangtuanya jangan sampai mereka enggak bisa makan, nanti bantuannya berbentuk uang," kata Endang.

Ia menambahkan, 107 mahasiswa ini yang benar-benar berdampak gempa Cianjur.

"Rencananya bantuan diberikan 6 bulan. Nanti dievaluasi sejak Desember, penyalurannya nanti cash," kata dia.

Endang menyampaikan sampai sekarang untuk besaran jumlah uang yang akan diberikan baru akan dibahas beserta teknis pemberiannya.

"Belum ada kepastian itu (besaran bantuan), kalau untuk makan biasanya sama," pungkas dia.

Pemberian bantuan kepada mahasiswa asal Canjur ini Dinsos DIY bekerjasama dengan Dinsos Cianjur dan Jawa Barat. Sedangkan untuk bantuan yang rencananya diberikan ini bersumber dari APBD DIY.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/12/02/130847978/pemerintah-di-yogyakarta-segera-bantu-mahasiswa-asal-cianjur-sultan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke