Salin Artikel

Gaji Guru Honorer di Gunungkidul di Bawah UMK, Ada yang Dibayar Rp 300.000 Per Bulan

Upacara tersebut pun menjadi spesial karena dihadiri lebih kurang 8.000 perserta. Namun, di balik kemeriahan tersebut, ada guru yang memiliki pendapatan di bawah upah minimum kabupaten (UMK).

Inspektur Upacara, yakni Bupati Gunungkidul Sunaryanta, menyampaikan pidato dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesa, Nadiem Makarim.

"Selama ini baru dilakukan hari ini ya (upacara diikuti ribuan guru). Luar biasa hari ini, saya berterima kasih kepada TNI Angkatan Udara yang mendukung acara ini," kata Sunaryanta dalam rilis tertulis yang diterima pada Jumat.

Hari Guru Nasional 2022 pada hari ini 25 November 2022 bertema "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar".

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul Nunuk Setyawati menyampaikan, Hari Guru Nasional ke-77 berbeda dengan perayaan sebelumnya. Hari ini diikuti ribuan guru mulai dari PAUD hingga tingkat SMA dan sederajat.

Hadiah ini diberikan karena komandan Lanud berasal keluarga guru karena dari tujuh bersaudara, enam di antaranya guru.

"Tadi ada hadiah dari lanud pesawat membentangkan spanduk Hari PGRI," kata Nunuk.

Nunuk berharap, ke depan guru di Gunungkidul bisa semangat dalam mendidik anak didiknya.

Ketua Forum Honorer Sekolah Negeri (FGHSN) Gunungkidul Aris Wijayanto mengatakan, saat ini masih ada upah guru honorer yang masih di bawah standar layak.

Dikatakannya, untuk Guru Tidak Tetap (GTT) pengganti itu mendapatkan honor dari Pemkab sekitar Rp 800.000 per bulan. Sementara untuk GTT murni tergantung sekolah masing-masing karena honor berasal dari dana BOS.

Perlu diketahui UMK Gunungkidul sekitar Rp 1,9 juta tahun 2022.

"Yang murni Rp 300.000-Rp 500.000 (per bulan), masih tapi tidak banyak. Ya sekitar 100 orang paling yang honornya masih seperti itu," kata Aris.

Dia berharap kedepan GTT bisa diangkat menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

"Kalau di Gunungkidul saat ini sedang menyelesaikan yang sudah passing grade ada sekitar 236. Harapannya tahun depan membuka (PPPK) untuk yang memasuki usia pensiun (guru ASN) bisa diselesaikan," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/25/142534878/gaji-guru-honorer-di-gunungkidul-di-bawah-umk-ada-yang-dibayar-rp-300000

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke