Salin Artikel

Korban Kedua Tanah Longsor Gunungkidul Ditemukan Tewas

"Korban kedua (Karso Wijoyo usia 97 tahun) berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Purwono saat dihubungi melalui telepon Selasa (22/11/2022) malam.

Dijelaskannya, korban dievakuasi sekitar pukul 18.00 WIB, dan langsung dibawa ke mushala. Disinggung apakah langsung dimakamkan, Purwono mengatakan kemungkinan akan segera dimakamkan di pemakaman umum Padukuhan Blembem.

"Benar (langsung dimakamkan," kata Purwono.

Lurah Candirejo, Agus Supriyadi mengatakan dua anak Karni hingga kini masih mengungsi di Balai Kalurahan Candirejo. Begitu pula dengan anggota keluarga lainnya.

Jasad Karni sudah dimandikan dan dimakamkan di Pemakaman Umum Blembem. Sebelumnya jenazah Karni diperiksa oleh Tim Inafis Polres Gunungkidul.

Sebelumnya, perlu diketahui tanah longsor mengakibatkan dua orang hilang terjadi pada Sabtu, 19 November 2022 lalu. Selain itu, tanah longsor juga merusak empat rumah.

BPBD Gunungkidul menetapkan status tanggap darurat mulai 19 November hingga 2 Desember 2022.

Kepala BPBD Purwono mengatakan, selama masa tanggap darurat bisa dilakukan untuk pemulihan kerusakan yang ada.

Dijelaskannya, cuaca ekstrem yang terjadi di akhir pekan lalu menyebabkan terjadinya banjir dan longsor. Hasil indetifikasi lapanagan ada sekitar 1.754 jiwa terdampak yang berasal dari sembilan kalurahan di lima kapanewon.

Adapun secara rinci di Kapanewon Semin terdapat 76 kepala keluarga dengan jumlah 231 jiwa. Kapanewon Ngawen sebanyak 65 KK, 278 jiwa; Kapanewon Nglipar 231 KK, 734 jiwa; Kapanewon Karangmojo sebanyak 21 KK dengan 86 jiwa dan Kapanewon Gedangsari ada tujuh KK yang terdiri dari 17 jiwa.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/22/212634078/korban-kedua-tanah-longsor-gunungkidul-ditemukan-tewas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke