Salin Artikel

Pencarian Korban Longsor di Gunungkidul Libatkan Alat Berat dan Anjing Pelacak

"Masih dilakukan pencarian. Sesuai prosedur SAR, operasi pencarian dilakukan selama 7 hari," kata Humas Basarnas Yogyakarta, Pipit Eriyanto dalam keterangan tertulis Senin (21/11/2022).

Dijelaskannya, SAR Gabungan dibagi 3 kelompok untuk melakukan penyisiran korban tertimbun longsor. Ada pun tim pertama melakukan pencarian secara manual mengandalkan penyemprot air dan peralatan manual.

Tim kedua menggunakan alat Landslide Search Stick di sekitar lokasi longsor, dan tim ketiga menggunakan 2 unit ekskavator untuk pencarian. "Semoga segera ditemukan," kata dia.

Pipit mengatakan, tim SAR Gabungan juga sudah menyiapkan kantong jenazah, dan jika ditemukan, korban akan langsung dibawa ke Puskesmas Semin.

Kapolsek Semin, AKP Arif Heriyanto mengatakan untuk pencarian kedua korban, yakni Karso Wijoyo (97) dan anaknya Karni (55) sempat menggunakan alat berat dan juga anjing pelacak.

Ratusan relawan dari berbagai elemen mulai dari kepolisian, TNI, BPBD, Basarnas, berbagai relawan hingga warga sekitar. "Harapan kami segera ditemukan," kata dia.

Sebelumnya, Ibu dan anak yang tertimbun longsor di Padukuhan Blembem, Candirejo, Semin, Gunungkidul, DI Yogyakarta Sabtu (19/11/2022), masih proses pencarian.

Sang anak Karti, sebenarnya sudah selamat. Namun dia ingin menyelamatkan ibunya yang masih tertinggal di rumah.

"Bu Karti itu sebenarnya sudah keluar rumah bersama Mukimin kakaknya. Namun teringat ibunya Mbah Karso masih di dalam terus balik," kata Samiaji, salah satu tetangga korban ditemui di lokasi longsor, Sabtu.

Usia Karso yang sudah lebih dari 90 tahun dan berada di dalam kamar. Saat mau keluar pintu sudah tertutup material sehingga keduanya tidak bisa keluar.

Dalam kawasan itu ada tiga rumah yang masih saudara. Akibat dari tertimbun material dua rumah rata dengan tanah, dan satu rumah separuh.

Material yang menimbun berasal dari perbukitan Ngloloasan. "Di atas itu ada tiga keluarga," kata dia.

Kapolsek Semin AKP Arif Hariyanto membenarkan informasi jika anak tersebut ingin menyelamatkan ibunya.

Menurut dia evakuasi korban terkendala karena banyaknya material. Selain itu, juga cuaca.

"Material masih banyak. Ada dua rumah tertimbun tanah, dan satu nolong orang tuanya. Total dua orang masih Tertimbun," kata dia

"Tanah bergerak dari atas menurun 200 an meter berjalan terlihat dari pohon itu dari atas," kata dia.

Sempat selamatkan dua anak

Sebelum, tertimbun dia sempat menyelamatkan dua anaknya. Hal ini disampaikan oleh Ika, salah seorang anak dari Karni.

Ika bercerita kejadian sekitar pukul 03.00 WIB. Saat itu, ia dan adiknya dibangunkan ibunya untuk keluar rumah, karena terjadi longsor.

Ketiganya keluar menyelamatkan diri karena longsoran sudah masuk rumah. "Kami berhasil keluar dan menyelamatkan diri," kata Ika.

Ibunya kembali ke dalam rumah dikarenakan ada neneknya, Mbah Karso, yang masih di dalam.

"Niatnya ingin menolong simbah, tapi longsoran keburu menyapu rumah hingga rata dengan tanah," kata Ika.

Ika tidak mengetahui keberadaan ibu dan neneknya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/21/135351778/pencarian-korban-longsor-di-gunungkidul-libatkan-alat-berat-dan-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke