Salin Artikel

Sempat Bertemu Gibran, Anies Mengaku Tak Bahas Politik

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Bertemunya mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan Walikota Solo Gibran Rakabuming Raka menimbukan polemik.

Terkait hal ini Anies menyampaikan bahwa pertemuannya dengan GIbran tidak membahas soal politik atau Pilpres 2024 mendatang.

Dia bersama Gibran hanya bertukar pikiran tentang kota, dan pengalaman-pengalamannya.

"Jadi saya menyambut beliau kemudian kita ngobrol sambil sarapan pagi, ngobrolnya juga ngobrol santai tentang macam-macam, tentang kota, tentang pengalaman-pengalaman kita gitu," ujarnya ditemui di gedung PDHI, Kota Yogyakarta, Rabu (16/11/2022).

Disinggung apakah pertemuan dia bersama Gibran untuk memecah suara PDIP saat Pemilu nanti, dia tidak meresponnya. Namun, Anies memastikan bahwa pertemuannya silaturahmi saja.

"Ya seperti yang saya sampaikan kemarin.  Jadi setiap ada kegiatan silaturahmi kegiatan pertemuan itu yang baik-baik saja ya," ujarnya.

Berita sebelumnya,  pertemuan antara mantan Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta Anies Baswedan dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menimbulkan polemik.

Keduanya telah mengatakan bahwa tak ada pembahasan politik dalam pertemuan tersebut, tetapi sejumlah pihak tetap mengaitkannya dengan persiapan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Ahmad Ali mengatakan, Gibran berpotensi menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres mendatang.

"Kalau kemudian Gibran dipantaskan untuk menjadi cawapres Anies, kenapa tidak?" kata Ali, Selasa (15/11/2022).

Dia menilai, Gibran memenuhi kualifikasi untuk menjadi cawapres pendamping Anies Baswedan.

Apalagi, bakal calon presiden (bacapres) yang diusung Partai Nasdem itu telah memuji perkembangan Kota Solo di bawah kepemimpinan Gibran.

"Tapi kan sekali lagi, Anies melakukan perjalanan ke Solo bukan dalam rangka itu. Anies ke Solo dalam rangka menghadiri haul, kemudian berkesempatan bersilaturahmi dengan beliau (Gibran). Terus mereka banyak bicara tentang pembangunan kota," ujar Ali.

Tanggapan PDI-P Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Deddy Yevri Sitorus, menolak menanggapi terlalu jauh pernyataan Ali.

Dia hanya menjelaskan, PDI-P memiliki mekanisme terkait pengusungan capres dan cawapres, dan putusan akhirnya ditentukan oleh sang ketum, Megawati Soekarnoputri.

"Soal apakah Gibran punya peluang dicalonkan, saya kira hanya bisa dijawab oleh Ibu Megawati sebagai Ketua Umum (PDI-P) yang diberi amanah hak pregoratif oleh Kongres Partai," ucap Deddy saat dihubungi Kompas.com, Rabu (16/11/2022).

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/16/222348478/sempat-bertemu-gibran-anies-mengaku-tak-bahas-politik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke