Salin Artikel

Kasus Covid-19 Naik di Kota Yogyakarta, Pemkot Siapkan Pengaturan Jelang Libur Akhir Tahun

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Yogyakarta, Aman Yuriadijaya mengatakan, saat ini angka kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta memang mengalami kenaikan, tapi kenaikannya masih belum terlalu signifikan di Kota Gudeg.

"Jumlahnya lupa berapa, tapi masih dalam posisi kalau bahasanya itu di lembahnya, belum ke lereng," ujarnya saat ditemui di Plaza Malioboro, Kamis (10/11/2022).

Dia berharap dengan adanya kenaikan kasus ini, masyarakat Kota Yogyakarta tetap menerapkan protokol kesehatan minimal menggunakan masker saat sedang beraktivitas di luar ruangan.

"Jaga protokol kesehatan kendati dengan minimalis misalnya menggunakan masker. Sehingga, potensi-potensi terhadap kemungkinan yang tidak kita harapkan mampu terkendali dengan baik," ucap dia.

Disinggung soal pengawasan di lokasi wisata saat ini, Pemkot Yogyakarta sedang membahas cara yang paling efektif digunakan untuk mencegah penularan Covid-19.

Pembahasan tersebut terutama untuk kawasan Malioboro sebagai daya tarik wisata saat akhir tahun.

"Kita sedang memformulasikan itu, karena pasti di akhir tahun libur Natal Tahun Baru pasti akan ada potensi untuk Malioboro menjadi lebih padat," ujar dia.

Dia memastikan pada libur akhir tahun, Malioboro tidak dilakukan penutupan.

"Saya kira tidak sampai ke situ (menutup Malioboro) ya, cuma mekanisme-mekanisme apa yang memastikan pengendalian secara lebih baik. Saya kira itu yang lebih kita utamakan dan itu sedang dibicarakan," katanya.

Sebelumnya, Kasus aktif Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat 10 kali lipat, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyampaikan pengetatan kegiatan masyarakat tak mungkin dilakukan.

"Tidak mungkin (melakukan pengetatan kegiatan masyarakat), tapi kan Indonesia naik semua nggak hanya Jogja saja tapi kelihatan habis weekend ada. Kan kira kira gitu pokoknya begitu weekend (naik)," ujar dia ditemui di Kompleks Kepatihan, Selasa (9/11/2022).

Sultan merinci angka kasus harian di DIY saat ini mengalami kenaikan data terakhir menurut Sulta angka kasus Covid-19 harian di DIY menyentuh 165 dan kasus aktif sebesar 1.257.

"Yang ada di rumah sakit 280 sama 45 (Di ICU). Berarti yang lain kan OTG. Tidak sampai satu bulan nambah 180 sekarang sudah 1.257 kalau enggak salah, kan sudah 10 kali lipat," jelas Sultan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/10/145230978/kasus-covid-19-naik-di-kota-yogyakarta-pemkot-siapkan-pengaturan-jelang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke