Salin Artikel

Pesan Cak Nun Saat Bertemu Kapolda DIY: Jangan Marah kalau Dikritik

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Irjen Suwondo Nainggolan melakukan safari bertemu dengan para budayawan di DIY.

Suwondo sempat bertemu seniman senior Yogyakarta, yakni Butet Kertaredjasa, beberapa waktu lalu dan kemarin Suwondo mengunjungi Emha Ainun Najib atau yang akrab disapa Cak Nun.

Diterima Cak Nun di Pendopo Rumah Maiyah, Kadipiro, Kasihan, Bantul, Kapolda DIY menyampaikan kedatangannya ini untuk bersilaturahmi dan mendapatkan saran serta masukan dari Cak Nun.

"Kami hadir di Yogyakarta untuk melayani masyarakat, serta siap menerima kritik dan saran," ujar Suwondo, melalui keterangan tertulis, pada Selasa (8/11/2022).

Dalam kunjungannya kali ini ke Cak Nun, dia mendapatkan beberapa wejangan yakni agar polisi tidak antikritik dan dirinya sepakat akan hal itu.

"Mata dan pandangan kita harus ke masyarakat, bukan ke diri kita," tutur Kapolda.

Cak Nun menyambut baik kunjungan Kapolda DIY ini. Pada kesempatan ini Cak Nun juga menyampaikan berbagi pandangannya terkait berbagi peristiwa yang terjadi akhir-akhir ini.

Termasuk kritiknya kepada lembaga kepolisian. Menurut Cak Nun, polisi harus bisa mengayomi dan menjaga martabat.

Secara khusus, Cak Nun menyampaikan pandangannya terkait kejahatan jalanan yang melibatkan anak di bawah umur.

"Ini permasalahan serius yang harus didiskusikan antara budayawan, pemerintah, pendidik, dan pihak lainnya," tutur Cak Nun.

Menurut dia, permasalahan ini tidak bisa penyelesaiannya disangga satu dua pihak saja.

Dengan mencontohkan dirinya yang jika dikritik malah minta dikritik lagi, Cak Nun berharap agar kepolisian bisa demikian juga.

"Jangan marah kalau dikritik, kritikmu kurang bagi saya," tutur Cak Nun.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/09/092806678/pesan-cak-nun-saat-bertemu-kapolda-diy-jangan-marah-kalau-dikritik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke