Salin Artikel

Jalan Nasional Menuju Bandara YIA Banjir Selutut, Arus Lalu Lintas Macet

Terlihat air menggenangi jalan utama lintas provinsi itu. Diketahui, jalan ini dilintasi kendaraan menuju Bandar Udara Yogyakarta International Airport (YIA). Lokasinya sekitar 5 kilometer atau sembilan menit dari YIA.

“Saat ini belum surut. Bahkan semakin banyak datang air,” kata Agus Purwidodo, warga yang melintas di sana dan hendak menuju Kalurahan Hargorejo, Kapanewon Kokap, Senin (7/11/2022), sekitar pukul 18.20 WIB.

Banjir menyusul hujan deras yang mengguyur Temon pada pukul 16.30 WIB. Kali yang ada tidak mampu menampung air dari perbukitan Kaligintung dan Kulur.

Kasus seperti ini bukan yang pertama. Pasalnya, setiap kali hujan deras dan durasi lama, banjir selalu menutup jalan nasional tersebut.

“Sekarang tinggi air sudah selutut,” kata Agus.

Banjir tersebut membuat jalan nasional itu macet. Kendaraan melintas satu per satu dari dua arah.

“Harus satu satu, takut terbawa ke Selatan,” kata Agus.

Warga tidak evakuasi karena sudah terbiasa dengan kondisi tersebut. Dia menilai belum ada langkah serius dari instansi terkait dalam menangani banjir tersebut.

“Sudah terbiasa. Meluap ya mau evakuasi gimana,” kata Sunardi di ujung telepon.

Lurah Sunardi mengaku sudah berulangkali mengusulkan jalan keluar untuk pelebaran jembatan agar air bisa mengalir lebih lancar. Selama lima tahun menyuarakan usulan, harapannya belum ada kelanjutannya.

“Sudah mengusulkan sampai periode kedua saya ini,” kata Sunardi.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/07/204654078/jalan-nasional-menuju-bandara-yia-banjir-selutut-arus-lalu-lintas-macet

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke