Salin Artikel

Hujan deras, Beberapa Wilayah Gunungkidul Sempat Terendam Banjir

Hujan yang terjadi sejak Sabtu (5/11/2022) malam hingga Minggu (6/11/2022) membuat sejumlah wilayah terendam banjir, meski mulai surut.

"Hujan terbilang deras semalam di wilayah Girisubo," kata Panewu Girisubo, Slamet Winarno saat dihubungi wartawan melalui telepon, Minggu (6/11/2022).

Slamet mengatakan, hujan mengguyur wilayah Girisubo, Gunungkidul sejak Sabtu sekitar pukul 21.00 WIB, hingga membuat sejumlah wilayah kebanjiran termasuk kompleks kantor Kapanewon Girisubo.

Wilayah terparah yang terdampah banjir ini, kata Slamet, ada di Padukuhan Gabukan, Kalurahan Songbanyu hingga ketinggian air sekitar selutut orang dewasa.

"Untuk banjir genangan terjadi di bangunan TK dan Balai Padukuhan Gabukan," kata Slamet.

Slamet mengatakan banjir di wilayah itu hampir terjadi setiap hujan deras karena lokasinya berada di bekas telaga. Selain itu, dia menduga luweng atau gua bawah tanah yang ada di bawahnya tersumbat sehingga air tidak bisa mengalir.

"Saat ini sudah mulai surut. Banjir hanya satu hari satu malam lalu surut, itu pun kalau tidak hujan lagi," kata dia.

Slamet mengatakan, pihaknya masih mendata untuk wilayah terdampak hujan deras ini. Sejauh ini, tidak ada laporan korban jiwa.

Sementara dihubungi terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul Purwono mengatakan pihaknya sudah mengirimkan tim reaksi cepat (TRC), dan mendata untuk wilayah terdampak.

"Kami sudah menerjunkan Tim Reaksi Cepat ke lokasi kejadian," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/06/143727678/hujan-deras-beberapa-wilayah-gunungkidul-sempat-terendam-banjir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke