Salin Artikel

Kasus Terus Meningkat, Gugus Tugas Kulon Progo Minta Satgas Covid-19 di Masyarakat Diaktifkan Lagi

Dinas Kesehatan Kulon Progo mencatat peningkatan 2-3 kasus harian di minggu ke-25 hingga September 2022, menjadi 20-25 kasus pada Oktober 2022. Peningkatan terus terjadi sampai sekarang.

Hari ini saja, Gugus Tugas melaporkan terjadi penambahan 33 kasus baru. Dengan begitu saat ini ada sekitar 140 kasus aktif berada di masyarakat.

Rumah sakit merawat 15 pasien kondisi sedang ke berat. Adapun rinciannya sembilan kasus di RSUD Wates dan enam di RSUD Nyi Ageng Serang (RS NAS).

“Setelah sekian lama, kasus Covid-19 Kulon Progo kembali meningkat banyak. Karena itu kami perlu mengingatkan bahwa Covid-19 masih ada,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo, TH Baning Rahayujati, Jumat (4/11/2022).

Penambahan ini diduga akibat banyaknya kontak erat dengan penderita. Sebagian lagi dinyatakan positif setelah memeriksakan diri ke Fasyankes dan hanya 10 persen kasus terungkap lewat skrining.

Selain itu kasus kematian di Kulon Progo juga bertambah. Pada Oktober lalu ada enam kematian akibat Covid-19.

“Hari ini dua kematian lansia,” kata Baning.

Kasus diprediksi akan terus bertambah, bahkan hingga akhir 2022 dan awal 2023. Prediksi ini dilihat dari peningkatan serupa di periode sama pada tahun sebelumnya.

Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulon Progo mendorong pemerintah untuk mengaktifkan kembali satuan tugas Covid-19 di masyarakat. Pemerintah bisa turun ke masyarakat untuk sosialisasi hingga pengawasan pada penerapan protokol kesehatan.

“Satgas mohon diaktifkan. Harapan kita, pemerintah mengingatkan hingga ke masyarakat,” kata Baning.

Upaya itu sembari pemerintah juga mendorong capaian vaksinasi booster yang masih jauh dari harapan. Penyuntikan vaksin dosis lanjut terus menurun dari waktu ke waktu sejak April 2022. Vaksin bahkan sempat langka hingga tiga Minggu belakangan ini.

“Kami meminta masyarakat untuk vaksin karena meningkatkan daya tanah tubuh dan mengurangi tingkat keparahan,” kata Baning.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/04/180542378/kasus-terus-meningkat-gugus-tugas-kulon-progo-minta-satgas-covid-19-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke