Salin Artikel

Amankan 7 Ekor Ular dalam 2 Pekan, Damkar Gunungkidul Ungkap Penyebab Banyaknya Ular Saat Musim Hujan

"Hari ini kita mengambil ular (Sanca Kembang) dengan panjang sekitar 4 meter yang sudah diamankan warga di Padukuhan Bulu, Kalurahan Candirejo, Semanu. Karena warga bingung dan menghubungi kami, dan akhirnya diambil tadi," kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran BPBD Gunungkidul, Handoko saat dihubungi melalui telepon Selasa (1/11/2022).

Ular itu sementara dibuatkan kandang di UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul, sambil menunggu koordinasi dengan pihak terkait.

"Sementara ditaruh disini dulu, dari informasi warga, sebenarnya di lokasi  masih ada beberapa ekor ular yang sama. Warga diimbau untuk melaporkan jika menemukan kembali," kata Handoko.

Handoko mengatakan, selama dua pekan terakhir pihaknya sudah mengamankan tujuh ekor ular dari berbagai jenis. Mulai dari kobra jawa, hingga ular pohon.

"Memang meningkat selama musim hujan ini," kata Handoko.

Dikatakannya, saat musim penghujan banyak ular yang menetaskan telurnya. Selain itu, biasanya saat musim hujan dengan intensitas tinggi ular mencari lokasi lebih kering.

Masyarakat diimbau untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan agar tidak menjadi sarang ular.

"Jika  menemukan ular atau satwa liar yang berbahaya segera menghubungi petugas damkar BPBD Gunungkidul," kata Handoko.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/11/01/133050978/amankan-7-ekor-ular-dalam-2-pekan-damkar-gunungkidul-ungkap-penyebab

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke