Salin Artikel

Jalur Yogyakarta-Wonosari Longsor, Polisi Rekomendasikan Jalur Alternatif dari Yogyakarta

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Longsor terjadi di jalur utama Yogyakarta-Wonosari di wilayah Kapanewon Piyungan, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta sejak Sabtu (29/10/2022).

Polres Bantul mengingatkan pengguna jalan dari Yogyakarta yang akan ke Gunungkidul bisa melewati sejumlah jalur alternatif.

"Longsor menyebabkan arus lalu lintas dari Yogyakarta tersendat. Petugas pun harus melakukan rekayasa buka tutup jalur untuk mengurai kepadatan arus,” kata Kasihumas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widyana dalam keterangan tertulis diterima, Senin (31/10/2022).

Pihak kepolisian merekomendasikan sejumlah jalur alternatif bagi pengguna jalan raya yang akan ke Gunungkidul dari Yogyakarta.

Terdapat 2 jalur alternatif yang dimanfaatkan untuk mengalihkan arus.

“Jalur alternatif bisa melewati jalur Sambeng-Cawas melewati Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Jalur ini direkomendasikan untuk kendaraan dengan muatan lebih dari 30 ton,” kata Jeffry.

Dikatakannya kendaraan bermotor dapat melewati jalur Getas (Playen) – Dlingo dan Jalur Panggang -Siluk. Dua jalur tersebut tembus di wilayah Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul.

"Dua jalur ini diperuntukan bagi kendaraan roda dua dan empat jenis mobil pribadi," kata dia.

Jeffry mengatakan untuk bus pariwisata dan truk muatan di bawah 30 ton tetap diarahkan melewati jalur utama Yogya-Wonosari. Nantinya masih akan diterapkan sistem buka-tutup,” katanya. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/31/120830878/jalur-yogyakarta-wonosari-longsor-polisi-rekomendasikan-jalur-alternatif

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke