Salin Artikel

Empat Pasien Gagal Ginjal Akut di Yogya Sembuh Tanpa Diberikan Fomepizole

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Empat pasien gagal ginjal akut yang dirawat di RSUP dr Sardjito Yogyakarta berhasil sembuh tanpa diberikan Fomepizole.

"Untuk pasien yang dirawat dan sudah rawat jalan itu tidak ada yang mendapatkan obat Fomepizole atau Antidotum," ujar Dokter Spesialis Anak RSUP dr Sardjito Yogyakarta Kristia Hermawan dalam jumpa pers, Selasa (25/10/2022).

Kristia menyampaikan sampai saat ini distribusi Fomepizole memang belum sampai ke RSUP dr Sardjito Yogyakarta.

Penangangan medis yang dilakukan untuk anak yang menderita gagal ginjal akut ini berupa pengobatan suportif hingga tindakan terapi penganti ginjal berupa dialisis bagi pasien yang terindikasi.

Metode dialisis yang dilakukan dapat berupa hemodialisis yaitu cuci darah dengan mesin atau peritoneal dialisis.

"Pasien yang kami rawat saat ini juga dalam kondisi perbaikan untuk kondisi klinisnya. Jadi awalnya memang ada pasien yang datang dengan penurunan kesadaran, ini juga sudah mulai perbaikan, sebelum diberikan obat tersebut," urainya.

Pakar Nefrologi RSUP Dr Sardjito, Retno Palupi menuturkan ada empat pasien gagal ginjal akut yang sudah sembuh dan rawat jalan.

"Indikasi kesembuhanya fungsi ginjal sudah membaik, artinya sudah normal atau mendekati normal. Jadi fungsi ginjal sudah jauh lebih baik dari pada waktu dia fase gagal ginjal akut di rumah sakit," bebernya.

Penanganan pasien gagal ginjal akut di RSUP dr Sardjito dilakukan sesuai dengan pendoman yang ada.

Empat pasien yang sembuh, saat pertama kali masuk ke RSUP dr Sardjito dengan kondisi gagal ginjal akut stadium 3. Pasien termasuk datang sudah dengan kondisi yang berat.

"Terapi-terapinya sesuai dengan gagal ginjal akut, pemenuhan kebutuhan cairan, kemudian bila ada infeksi kami atasi dengan antibiotik. Pemantauan hemodinamik pasien. Secara umum tata laksana gagal ginjal akut," jelasnya.

Retno menyampaikan empat pasien sudah diperbolehkan pulang dan rawat jalan. Empat pasien tersebut saat ini sudah tidak menjalani cuci darah.

"Satu anak yang kemarin kita rawat jalan dengan hemodialisis, kemarin ginjalnya sudah berangsur-angsur baik. Jadi tidak lagi menjalani hemodialisis," ucapnya.

Pasien gagal ginjal akut yang saat ini masih dirawat di RSUP dr Sardjito Yogyakarta ada dua.

"Sekarang ini sudah tidak lagi berada di bangsal intensif. Jadi sudah ada di bangsal biasa," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/25/220834878/empat-pasien-gagal-ginjal-akut-di-yogya-sembuh-tanpa-diberikan-fomepizole

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke