Salin Artikel

Belasan Ribu Warga Tak Mampu di Gunungkidul Terima Set Top Box, Ratusan Susah Sinyal

YOGYAKARTA,KOMPAS.com- Belasan ribu keluarga kurang mampu di Gunungkidul, DI Yogyakarta, menerima bantuan Set Top Box (STB) untuk menerima siaran TV digital.

Namun, ada kendala ratusan keluarga belum bisa diaktifkan karena tidak mendapatkan sinyal.

"Informasinya siaran analog berakhir November, untuk itu pemasangan STB terus dilakukan," kata Kepala Bidang Informasi dan Komuikasi Publik, Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Asar Jajang Riyanti saat dihubungi melalui telepon, Selasa (25/10/2022).

Dijelaskannya, ada 17.774 keluarga yang mendapatkan bantuan STB dan hingga kini sudah ada 10.700 keluarga yang dipasang STB atau 60 persen dari target.

Namun demikian, dari belasan ribu ini, ada sekitar 200 keluarga penerima belum bisa menerima siaran karena belum terjangkau sinyal.

"Sistemnya masih ditolak. Untuk prosesnya kami serahkan ke vendor, karena kami hanya mengawasi pelaksanaan di lapangan," kata Asar.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Gunungkidul Wahyu Nugroho mengatakan, pihaknya berupaya menyelesaikan pemberian STB ini secepatnya sebelum tv analog dimatikan.

Salah satunya yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Selain itu, harus memiliki televisi serta mampu menangkap siaran digital.

“Jadi tidak semua dapat karena  sebelum penyaluran, kami juga sudah mendata calon penerima yang diajukan ke pemerintah pusat," kata Wahyu. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/25/164931478/belasan-ribu-warga-tak-mampu-di-gunungkidul-terima-set-top-box-ratusan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke