Salin Artikel

SMK di Gunungkidul Kembangkan Sepeda Listrik dan Sepeda Motor Hybrid

"Awalnya ide dari para guru (tahun 2020), mencoba membuat model hybrid, namun gagal karena saat itu kami masih sangat minim informasi," kata Kepala Jurusan TKR SMKN 1 Nglipar, Budi Setiawan kepada wartawan di SMK N 1 Nglipar Kamis (20/10/2022).

Dikatakannya, akhirnya dilakukan kajian lebih dalam mengenai kendaraan listrik. Percobaan kembali dilakukan dengan sepeda kayuh jenis lipat, dan ternyata berhasil.

Lalu 2022 membuat enam kendaraan listrik, yakni dua unit rakitan dari awal, yakni hybrid dan listrik penuh. Empat lainnya konversi sepeda kayuh biasa.

"Sepeda motor hybrid, rangka ada yang kami cari dari pengepul rongsok. Dan satunya full rangkai kami buat sendiri di sekolah," kata Budi.

Adapun untuk jarak tempuh sepeda listrik sekitar 40 kilometer. Satu kali pengisian daya, motor hybrid mampu menempuh perjalanan lebih dari 40 kilometer. Pengisian daya listriknya sekitar 2 sampai 5 jam, tergantung daya baterai yang digunakan menggunakan adaptor khusus.

Sepeda kayuh tenaga listrik menghabiskan biaya hingga Rp 5.000.000. Sedangkan konversi sepeda motor bisa mencapai Rp 10 jutaan karena lebih kompleks.

"Untuk tanjakan mampu dan tidak masalah," kata Budi.

Masyarakat yang ingin melakukan konversi sepeda biasa menjadi listrik bisa menggunakan jasa SMKN 1 Nglipar. Selain itu, harapannya jika nantinya murid sudah lulus bisa mengembangkan sendiri untuk usaha ataupun bekerja di pabrik.

Salah satu murid Desta Adiansyah menyampaikan, teknik pembuatan sepeda listrik bisa jadi modal usaha setelah lulus. Terutama menawarkan jasanya pada warga sekitar.

"Apalagi sepeda listrik ini jadi lebih irit BBM, mengingat harganya saat ini juga tinggi," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/24/101512578/smk-di-gunungkidul-kembangkan-sepeda-listrik-dan-sepeda-motor-hybrid

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke