Salin Artikel

Kesaksian Teman Kuliah Fakultas Kehutanan UGM, Jokowi Hobi Motor Sejak Dulu

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo ternyata sudah hobi mengendarai motor sejak zaman kuliah. Hal ini diceritakan oleh Totok Suripto, teman kuliah di Fakultas Kehutanan UGM yang sama-sama anggota Mapala Silvagama bersama Jokowi dulu.

"Memang Beliau itu (Joko Widodo) hobi motor sudah sejak dulu, ya," ujar Totok Suripto teman Presiden Joko Widodo semasa kuliah dalam jumpa pers di sela-sela acara Dies Natalis Fakultas Kehutanan UGM ke-59, Jumat (21/10/2022).

Totok Suripto menceritakan, semasa masih kuliah, dirinya dan beberapa teman termasuk Jokowi kerap konvoi ke luar kota.

Salah satunya, pernah mengendarai sepeda motor dari Solo ke Tawangmangu. Setelah dari Tawangmangu, dilanjutkan perjalanan lagi ke Sarangan, Magetan, Jawa Timur.

Totok pun masih ingat, dalam perjalanan tersebut, Jokowi berboncengan dengan seorang teman bernama Danto.

"Pak Danto yang bonceng Jokowi dan saya di belakangnya. Karena terlalu kencang turunnya, akhirnya jatuh ndlosor, bahasa Jawanya glundung," tuturnya.

Menurut Totok Suripto, biasanya Joko Widodo bersama teman-teman kuliah kerap mengendarai sepeda motor untuk jalan-jalan di hari Sabtu dan Minggu.

"Dari dulu Beliau memang hobi motor. Kami sering naik motor biasanya pada saat Sabtu-Minggu gitu, ke Solo, terus ke Tawangmangu jalan-jalan ya," ungkapnya.

Tak hanya itu, sebagai anggota Silvagama, Joko Widodo juga selalu aktif mengikuti setiap kegiatan yang diadakan, termasuk pendakian gunung.

"Kalau ada kegiatan Silvagama, kita naik gunung bersama-sama," ucapnya.

Alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 tunjukkan ijazah

Diberitakan sebelumnya, Alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 angkat bicara terkait isu di media sosial yang meragukan ijazah Presiden Joko Widodo.

Alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 Mustoha Iskandar mengatakan belakangan ini muncul isu-isu dikalangan publik khususnya di media sosial yang mempersoalkan tentang keabsahan ijazah S1 Presiden Joko Widodo.

Mustoha Iskandar sebagai teman angkatan dan saksi hidup menegaskan jika ijazah S1 insinyur Joko Widodo adalah asli.

"Kami memastikan bahwa rekan kami Insinyur Joko Widodo adalah bagian dari alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980, it's clear," ujar PIC Kagamahut Mustoha Iskandar dalam jumpa pers di sela-sela acara Dies Natalis Fakultas Kehutanan UGM ke-59, Jumat (21/10/2022).

Mustoha Iskandar menyampaikan sebagai sesama alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980 punya tanggungjawab moril untuk meluruskan isu-isu yang berdar di publik dan media sosial mengenai ke absahan ijazah dari Fakultas Kehutanan UGM atas nama Insinyur Joko Widodo.

Alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980, lanjut Mustoha Iskandar, bukan hanya mendengar cerita. Namun Alumni Fakultas Kehutanan UGM adalah saksi hidup dari dari proses perkuliahan Presiden Joko Widodo.

"Jadi kami bukan hanya mendengar, tapi kami melihat, menyaksikan dan berinteraksi langsung dengan Bapak Insinyur Joko Widodo selama Beliau mengikuti proses perkuliahan di Fakultas Kehutanan UGM dari tahun 1980 sampai Pak Joko Widodo lulus tahun 1985," tegasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/22/090537678/kesaksian-teman-kuliah-fakultas-kehutanan-ugm-jokowi-hobi-motor-sejak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke