Salin Artikel

Wali Murid Keberatan, Rencana Sumbangan Rp 1,5 Juta untuk Toilet dan Lapangan SMA di Gunungkidul Batal

"Sempat kaget saat dimintai sumbangan tetapi dipatok sebesar Rp 1,5 juta per orang," kata Salah seorang wali murid di SMA Negeri 1 Semin, Iswanto saat ditemui di rumahnya Semin, Selasa (18/10/2022).

Dijelaskannya, saat itu dirinya tidak bisa hadir dalam pertemuan, dan mewakilkan sang istri untuk pertemuan antara wali murid dengan komite sekolah pada Sabtu (14/10/2022).

Pertemuan tersebut dipaparkan rencana penambahan fasilitas sekolah yang membutuhkan biaya sekitar Rp 800 juta.

"Rencananya untuk penambahan lapangan serta fasilitas toilet," kata dia.

Dikatakannya sumbangan yang diminta komite sekolah bukan yang pertama, karena setiap tahun dirinya dimintai sumbangan. Pada tahun ajaran lalu dimintai Rp 1,2 juta diangsur tiga kali.

"Sumbangan harusnya sukarela, tapi ini kok sudah ditentukan besarannya," kata Iswanto.

Akhirnya karena banyak yang keberatan, ada pertemuan dengan komite sekolah yang berlangsung pada Senin (18/10/2022) sore.

"Kemarin ada 30 orang perwakilan, karena tidak mungkin semua hadir. Akhirnya disepakati sumbangan diberikan sukarela tanpa mematok nominal," kata dia.

Sementara Kepala SMA Negeri 1 Semin Tiya belum bisa dikonfirmasi. Sejumlah media yang menunggu sekitar 2 jam belum datang.

Sejumlah guru saat dimintai komentar pun tidak mau, dan harus kepala sekolah.

Terpisah, Kepala Balai Pendidikan Menengah Gunungkidul, Agus Muchidarto mengatakan, pihaknya sudah mendengar rencana sumbangan untuk pembangunan fasilitas sekolah di SMA N 1 Semin.

Pihaknya sudah menginstruksikan untuk dibatalkan. "(penarikan sumbangan) belum dilaksanakan sehingga sudah saya instruksikan untuk dibatalkan," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/18/162348578/wali-murid-keberatan-rencana-sumbangan-rp-15-juta-untuk-toilet-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke