Salin Artikel

Panglima TNI Ungkap Pemeriksaan 3 Anggotanya soal Pembunuhan Iwan Boedi Tak Mudah

Andika mengatakan pemeriksaan terhadap tiga anggota TNI tersebut dilakukan sejak dua hari setelah penemuan jasad Iwan Boedi 

"Kami memeriksa tiga (anggota TNI) sejauh ini. Dari polisi militer. Saya agak lupa (inisialnya) tetapi memang kebetulan tiga orang," kata Andika seperti dilansir Antara. 

Dia mengatakan belum ada kesimpulan terkait keterlibatan dua anggotanya dalam kasus tersebut. Dia menyebut dua anggotanya tersebut sebagai pihak-pihak yang ingin didalami. 

Menurutnya, ketiga anggotanya tersebut hingga kini belum ditahan. Hal ini karena belum ditetapkan sebagai tersangka. 

"Belum kami tingkatkan sebagai tersangka, masih penyelidikan dan statusnya masih sebagai saksi," ujarnya.

Andika menyebut proses pemeriksaan tidak mudah dilakukan. Pasalnya ada upaya penyangkalan yang dilakukan oleh ketiga prajurit tersebut.

"Kami sekarang sedang melakukan proses terus. Memang tidak semudah itu karena ada saja denial (penyangkalan) atau jawaban-jawaban yang kemudian membuat seolah-olah tidak terlibat. Akan tetapi, kami tidak begitu saja menyerah karena kami yakin Polda juga punya bukti-bukti awal yang cukup pokoknya kami terus mengawal," katanya.

"Dinyatakan di situ kan alibi-alibinya cukup kuat sehingga kami membutuhkan info tambahan, dari masyarakat pun kami siap menerima," katanya.

Namun, dia memastikan akan terus mengawal kasus tersebut. 

"Langsung saya kontrol per minggunya ditangani oleh Kodam (IV/Diponegoro) tetapi laporan terus, langsung kepada saya setiap minggu," ujar dia.

Sebelumnya, sesosok jasad ditemukan terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina, Kota Semarang, Jawa Tengah, pada tanggal 8 September 2022.

Iwan Budi dilaporkan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dengan dugaan korupsi sertifikasi aset. Polisi telah memastikan jasad yang terbakar itu merupakan Iwan Boedi Paulus berdasarkan hasil tes DNA.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/12/182748878/panglima-tni-ungkap-pemeriksaan-3-anggotanya-soal-pembunuhan-iwan-boedi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke