Salin Artikel

Fisipol UGM Gelar Forum Diskusi, Sebut Kondisi Demokrasi di Dunia Sedang Berat

Kenyataan itu terungkap dalam forum diskusi yang digelar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada (UGM), bertajuk "Mengembalikan Kembali Politik Programatik di Pemilu 2024".

Acara tersebut digelar dalam rangka menyambut Pemilihan Umum 2024 dan persiapan Dies Natalies Fisipol UGM Ke-67.

Hadir dalam acara tersebut sejumlah elite partai seperti Hasto Kristiyanto (PDI Perjuangan), Willy Aditya (Partai Nasdem) dan Muhammad Kholid (Partai Keadilan Sejahtera).

"Banyak negara yang dulu menjadi role model demokrasi, saat ini sedang terengah-engah," ujar Dekan Fisipol UGM Wawan Mas'udi dalam sambutannya, Senin (10/10/2022).

Wawan menyampaikan, beberapa negara di Asia Tenggara dahulu dikategorikan sebagai negara demokratis. Namun saat ini beberapa negara tersebut sedang dipertanyakan kualitas demokrasinya.

"Yang terakhir tentu apa yang terjadi di Filipina, banyak orang mengatakan demokrasi mengalami kemunduran dengan kembalinya keluarga dari diktaktor yang ada di sana," ucapnya.

Bahkan, di Myanmar dan Burma, lanjut Wawan Mas'udi, demokrasi sudah runtuh. Kemudian di Thailand junta militer sering merongrong penguasa sipil yang tak sejalan dengan mereka.

Wawan mengungkapkan, Indonesia sebagai negara terakhir yang masih bertahan sebagai negara demokratis di Asia Tenggara.

"Itu pun kualitas demokrasi di negeri ini saya kira menjadi pertanyaan dan diskusi yang luar biasa, banyak orang mengatakan ada stagnasi, ada declaine dan seterusnya," urainya.

Menurut Wawan Mas'udi menjadi tugas bersama untuk membuat demokrasi Indonesia semakin kuat.

"Saya kira ini menjadi tugas kita bersama antara kampus dengan teman-teman partai politik, untuk sama-sama kedepan untuk kita bisa menciptakan semangat, mekanisme untuk bisa membuat demokrasi kita semakin kuat, semakin berkualitas dan khususnya untuk 2024 semakin mangarah kepada programatik politik," pungkasnya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/10/153513878/fisipol-ugm-gelar-forum-diskusi-sebut-kondisi-demokrasi-di-dunia-sedang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke