Salin Artikel

Menikmati Air Terjun Grojogan Sewu Tawangmangu, Ada Apa Saja di Sana?

KOMPAS.com - Grojogan Sewu merupakan salah satu obyek wisata di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Berada di Kecamatan Tawangmangu, air terjun Grojogan Sewu berjarak kurang lebih 26,7 kilometer dari pusat Kabupaten Karanganyar atau bisa ditempuh sekitar 51 menit perjalanan menggunakan mobil.

Jika dari Kota Solo, perjalanan memakan waktu kurang lebih 1 jam 34 menit bila memakai mobil.

Di Grojogan Sewu, wisatawan bisa menikmati pesona air terjun dan asrinya alam kaki Gunung Lawu.

Bagian pemasaran PT Duta Indonesia Jaya (pengelola Grojogan Sewu Tawangmangu), Eko Wiyono, mengatakan, daya tarik utama Grojogan Sewu adalah air terjun setinggi 81 meter.

Apabila ingin mengabadikan momen di Grojogan Sewu, pengunjung bisa berfoto di jembatan yang berada tak jauh dari air terjun. Di jembatan itu, pelancong bisa berfoto dengan latar air terjun.

Eko menuturkan, sambil menikmati suasana asri kawasan Grojogan Sewu, pengunjung bisa mencicipi sate ayam maupun sate kelinci. Dua menu tersebut menjadi kuliner favorit di sana.

Pengelola juga menyediakan dua wahana kolam renang bagi pengunjung yang ingin berenang atau sekadar bermain air. Kolam renang tersebut diperuntukkan bagi orang dewasa dan anak-anak.

Kolam renang untuk dewasa memiliki kedalaman sekitar 1 hingga 2,5 meter. Sedangkan, bagi pengunjung anak-anak bisa bermain air di mini waterboom yang kedalamannya 30 sampai 50 sentimeter.

Menurut Eko, air di kedua kolam renang tersebut berasal dari sumber alami.

"Kedua kolam renang itu bisa dinikmati secara gratis, sudah termasuk dalam tiket," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (30/9/2022).


Selain itu, terang Eko, daya tarik lain di Grojogan Sewu adalah adanya monyet ekor panjang.

Walau monyet-monyet tersebut sudah beradaptasi dengan manusia, tetapi pengelola tidak menganjurkan wisatawan untuk mendekatinya.

"Tidak boleh didekati dan tidak boleh disentuh. Meskipun jinak, dia liar. Kami tidak menganjurkan pengunjung berinteraksi dengan monyet ekor panjang," ucapnya.

Berapa harga tiket masuk Grojogan Sewu?

Masyarakat yang ingin berwisata di Grojogan Sewu dikenakan tiket masuk Rp 22.000.

Tak ada perbedaan harga antara hari biasa, akhir pekan, maupun hari libur nasional.

"Pengunjung di bawah 5 tahun masih gratis," ungkap Eko.

Bagi turis mancanegara, tiket masuk Grojogan Sewu dibanderol Rp 125.000 untuk hari biasa serta Rp 175.000 untuk akhir pekan dan hari libur nasional.

Tempat wisata air terjun Grojogan Sewu ini buka mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/10/01/190000078/menikmati-air-terjun-grojogan-sewu-tawangmangu-ada-apa-saja-di-sana-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke