Salin Artikel

Praktik Jual Seragam di Sekolah hingga Raup Untung Rp 10 Miliar, Begini Usul Komisi D DPRD DI Yogyakarta

Usulan tersebut muncul setelah beberapa kali Ombudsman Republik Indonesia (ORI) DIY mendapatkan temuan-temuan permasalahan pendanaan pendidikan, terutama terkait dengan pengadaan seragam di lingkup provinsi.

Terlebih, kemarin ORI DIY menemukan salah satu sekolah di DIY yang mendapatkan keuntungan dari jual beli seragam hingga Rp 10 milliar.

"Kalau kami tidak setuju sepeti itu, ya mau tidak mau dengan alasan seragam lalu cari keuntungan sekolah yang suplai, ini harusnya tidak boleh terjadi sepeti ini," ujarnya saat dihubungi, Selasa (27/9/2022).

Pihaknya sedang melakukan kajian terhadap permasalahan seragam di sekolah, apakah kedua bantuan anggaran tersebut sudah mencukupi atau tidak. Jika tidak ia mengusulkan agar Danais digunakan untuk membantu pembiayaan pendidikan.

"Kami inisiasi Peraturan Daerah (Perda) pendanaan pendidikan, siapa tahu bisa dilaksanakan lewat Danais, jangan diberatkan ke masyarakat (pungutan)," ucap dia.

Rencananya, dalam Perda tersebut juga akan memuat aturan terkait dengan komite sekolah, agar tidak disalahgunakan sebagai kedok menjual seragam ke peserta didik.

"Lha iya itu nanti diatur, jangan sampai komite jadi kedok sekolah kalau tidak diatur akan pakai nama komite," ucap dia.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY, Didik Wardaya menjelaskan bahwa temuan tersebut masih berupa asumsi. Menurut dia masih banyak siswa yang belum menggunakan seragam sekolah sekarang ini.

"Pertama itu saya lihat baru dari asumsi bukan temuan di lapangan sampai saat ini kami cek di lapangan banyak siswa yang belum menggunakan seragam," kata Didik saat dihubungi, Selasa (27/9/2022).

Lanjut dia, jika ditemukan dalam satu sekolah yang melakukan pengadaan seragam dan selisihnya dikalikan seluruh siswa yang ada di DIY, maka jumlah yang didapat bakal sangat besar.

"Kalau ditemukan satu sekolah dan dikalikan jumlah siswa di seluruh DIY ya jadi banyak, padahal banyak siswa sekolah yang belum menggunakan seragam sekolah," ujar dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/27/181857778/praktik-jual-seragam-di-sekolah-hingga-raup-untung-rp-10-miliar-begini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke