Salin Artikel

Guru Diduga Sindir Murid Buntut Kabar Pungutan di SMKN 2 Yogyakarta, Ombudsman Siratkan Proaktif Selidiki

"Tadi disampaikan bapak pimpinan Pak Indraza (Indraza Marzuki Rais), beliau meminta kita menindaklanjuti laporan-laporan terkait pungutan terutama di SMKN 2 Kota dan SMKN 2 Depok," ujar Kepala Ombudsman RI Perwakilan DI Yogyakarta Budhi Masturi, Jumat (23/9/2022).

Budhi Masturi menyampaikan telah melakukan verifikasi dan validasi laporan yang masuk. Khusus untuk laporan dugaan pungutan di SMKN 2 Kota Yogyakarta, sampai saat ini syarat formil belum lengkap.

"Untuk SMK kota (SMKN 2 Kota) itu sampai sekarang kita masih menunggu keterpenuhan syarat formil dari pelapor. Yang kemudian dia masih menimbang-nimbang," tuturnya.

Budhi menerangkan, dari pantauan Ombudsman dan dari berita yang dibacanya, ada dugaan oknum guru itu menyindir setelah muncul aduan orangtua mengenai dugaan pungutan dari SMKN 2 Kota Yogyakarta.

"Saya baca di berita ada sindiran-sindiran yang itu kalau kemudian bisa menimbulkan keresahan dari siswa karena merasa ada ancaman," urainya.

Budhi Masturi mengungkapkan melihat ekskalasi yang semakin meluas, Ombudsman perwakilan DIY akan berdiskusi untuk membuka kemungkinan melakukan tindak lanjut secara proaktif. Meskipun syarat formil dari pelapor belum lengkap.

"Barangkali kami akan mendiskusikan lebih lanjut untuk membuka kemungkinan kita tindaklanjut secara proaktif. Tidak perlu menunggu kelengkapan syarat formil dari pelapor," tegasnya.

Menurut Budhi, Ombudsman mempunyai kewenangan untuk menindaklanjuti secara pro aktif tanpa ada laporan.

"Karena kami mempertimbangkan psikologi dari para siswa yang ada, itu barang kali bisa memenuhi alasan untuk kita pro aktif. Nanti kita akan diskusikan, mungkin minggu depan kita akan ke lapangan," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya oknum guru di SMKN 2 Kota Yogyakarta diduga menyindir murid saat mengajar, setelah muncul aduan orangtua mengenai dugaan pungutan liar (pungli) ke Ombudsman RI Perwakilan DI Yogyakarta.

Kabar tersebut diungkapkan salah satu anggota liansi Masyarakat Peduli Pendidikan Yogyakarta (AMPPY) berinisial K.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/23/205136478/guru-diduga-sindir-murid-buntut-kabar-pungutan-di-smkn-2-yogyakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke