Salin Artikel

Warga di Kulon Progo Tewas Tersetrum Saat Pasang Tenda Hajatan

“Benar bahwa ada kejadian korban meninggal dunia diduga akibat kesetrum,” kata IPDA Sarjoko, Kepala Subsi Pengelolaan Informasi Dokumentasi dan Multimedia (PIDM) Polres Kulon Progo, Minggu (18/9/2022).

Korban memasang tenda bersama dua orang, yakni Sumarno (61) dan Rahmanto (55). Keduanya berasal dari Pedukuhan Malangan, Sentolo. Mereka mendirikan tenda yang berupa galvalum di pekarangan rumah warga di Donomerto.

Awalnya, semua berjalan baik-baik saja. Mereka bekerja cukup hati-hati hingga tenda hampir selesai berdiri. Kepanikan terjadi saat pemasangan galvalum terakhir. Pasalnya, galvalum menyenggol kabel listrik di dekat tenda. Kabel tersebut merupakan kabel antar rumah.

Hal itu mengakibatkan Dwiharjo tersengat listrik. Dwiharjo sampai jatuh ke bawah namun badan masih menyentuh salah satu tiang tenda.

Teman-temannya berusaha menyelamatkan korban. Mereka berhati-hati menolong Dwiharjo dengan cara menarik korban pakai tali tambang. Usaha itu untuk menjauhkan tubuh korban dari tiang tenda.

Korban berhasil lepas dari tiang. Setelah itu, mereka menolong dan membawa Dwiharjo ke RSUD Nyi Ageng Serang (NAS).

“Peristiwa ini terjadi hari Minggu ini pukul 15.30 WIB,” kata Sarjoko.

“Sampai rumah sakit korban berhenti nafas sekitar pukul 16.25,” kata Sarjoko.

Terungkap hasil pemeriksaan pada tubuh korban bahwa tidak ditemukan bekas luka bakar. Namun, ada luka lecet di kaki kiri yang kemungkinan akibat benturan.

Kasus orang tewas tersetrum ini sebelumnya juga terjadi pada hari Sabtu (17/9/2022) pukul 21.00 WIB.  Seorang mahasiswa tewas saat bermain basket di lapangan basket samping dormitori kampus Universitas Negeri Yogyakarta di Wates.

Mahasiswa bernama Zaki (19) kesetrum listrik di tiang lampu taman dormitori. Kasusnya selesai secara kekeluargaan dan korban dipulangkan ke rumahnya di Provinsi Lampung.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/19/200714478/warga-di-kulon-progo-tewas-tersetrum-saat-pasang-tenda-hajatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke