Salin Artikel

Merasa Mampu, Belasan Warga Gunungkidul Memilih Mengundurkan Diri dari PKH

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Belasan warga Gunungkidul, DI Yogyakarta, memilih mengundurkan diri sebagai penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) karena sudah mampu.

"Hingga awal September sudah ada 13 keluarga penerima manfaat (KPM) di Gunungkidul yang mengundurkan diri sebagai penerima PKH," kata Koordinator PKH Gunungkidul, Herjun Pangaribowo saat dihubungi wartawan melalui telepon Rabu (14/9/2022).

Dikatakannya, kepastian pengunduran diri ini saat pelaksanaan bimbingan pemantapan yang diselenggarakan oleh Pemerintah DIY beberapa waktu lalu.

Saat itu, dari 40 KPM yang diundang, 13 di antaranya memilih mengundurkan diri.

Keluarga yang mengundurkan diri ini ini merasa sudah mampu dan memilih bantuan itu diberikan kepada warga yang berhak menerima.

Menurut dia, program KPM Graduasi terus disosialisasikan agar lebih tepat sasaran.

Menurut Herjun, sudah ada ribuan orang jika ditotal yang mengundurkan diri.

"Sudah ada ribuan (yang mengundurkan diri) kalau ditotal. Tapi data pastinya harus merekap terlebih dahulu," kata Herjun.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Gunungkidul Asti Wijayanti mengatakan, hingga kini masih pendataan warga penerima manfaat, hal ini sesuai kebijakan dari Pemerintah Pusat seluruhnya akan masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

"Semua masuk DTKS, tapi nanti ada statusnya layak menerima bantuan dan tidak," kata dia. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/14/150358278/merasa-mampu-belasan-warga-gunungkidul-memilih-mengundurkan-diri-dari-pkh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke