Salin Artikel

SDN 2 Tepus Gunungkidul Dibongkar karena Terkena Proyek Jalan, Muridnya Dipindah ke Sekolah Lain

Pernyataan itu disampaikan dinas pendidikan, dengan kajian masih dilakukan apakah akan didirikan sekolah di sekitar bangunan lama.

"Alhamdulliah seluruh siswa sudah dipindah sesuai dengan keinginan orangtua," kata Kepala Dinas Pendidikan Gunungkidul, Nunuk Setyowati saat dihubungi melalui sambungan telepon Rabu (7/9/2022).

Sebelumnya diberitakan, gedung SDN 2 Tepus dibongkar karena adanya pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) pada 2021 lalu. Seluruh proses belajar mengajar pun dilakukan di kantor 3 balai padukuhan.

Nunuk menyatakan, seluruh siswa sudah pindah, dengan pihaknya masih merampungkan kajian apakah diperlukan membangun gedung sekolah kembali di sana.

"Nanti dikaji lagi, apakah memungkinkan dibangun gedung baru atau tidak. Jika memenuhi persyaratan mengapa tidak?" kata Nunuk.

Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Gunungkidul, Winarno mengatakan, seluruh siswa yang berjumlah 37 siswa, sebagian besar pindah ke SD N Sumberwungu 2.

Regrouping di SDN Tepus 2 seharusnya dilakukan sejak 11 Juli 2022, tapi ada diundur untuk kepindahan murid hingga 31 Agustus.

"SDN Tepus 2 sudah tidak ada karena dihapus dari data pokok pendidikan," kata Winarno.

Salah seorang orangtua siswa, Joko mengatakan anaknya yang saat ini duduk di kelas 3 SD, sudah pindah ke sekolah lain.

"Kita menitipkan pembelajaran anak mulai tanggal 1 September kemarin Mas, seoalnya agar data anak didik tidak terhapus oleh sistem," kata Joko.

Dia mengatakan, dirinya tetap berharap pemerintah membangun kembali sekolah tersebut karena letak rumahnya cukup jauh.

"Kita minta untuk tetap dibangunkan gedung sekolah lagi," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/09/08/073919778/sdn-2-tepus-gunungkidul-dibongkar-karena-terkena-proyek-jalan-muridnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke