Salin Artikel

Prihatin Suporter PSS Sleman Dikeroyok hingga Tewas, Sultan: Kenapa Kekerasan yang Diutamakan

"Kita prihatin, kenapa kekerasan yang diutamakan. Dalam arti fisik ya sampai meninggal, kenapa harus seperti itu. Ini kan sudah enggak muda lagi karena ada yang umur 40 tahun," ujar Sultan, Selasa (30/8/2022).

Menurut Sultan seharusnya suporter yang sudah dewasa menjadi pengayom dan pelindung bagi yang berusia belia.

"Mestinya mereka memberikan perlindungan bukan malah melakukan perbuatan yang sama (kekerasan)," kata Ngarsa Dalem.

Sultan menyayangkan kenapa suporter-suporter dewasa ini justru memiliki pemikiran yang pendek hingga melakukan pengeroyokan yang berakibat satu orang meninggal dunia.

"Kenapa sedemikian pendek cara berpikirnya dan perasaannya sangat menyedihkan," kata dia.

Untuk mendamaikan kelompok suporter ini menurut Sultan dibutuhkan hati yang legowo. Menurutnya jika suatu saat kedua suporter dipertemukan seharusnya sudah tidak ada rasa saling mengalahkan.

"Ya sulit, kita bisanya hanya berharap kalau manusia beringas punya pertimbangan sangat harus mengalahkan lawan dengan segala cara," kata dia.

Ada dua syarat menurut Sultan agar suporter dapat berdamai di kemudian hari. Pertama adalah kedua belah pihak harus merasa sama dan sebanding. Kedua harus ada memiliki win win solution dari masing-masing pihak. 

"Bagaimana mereka merasa aman dan nyaman. Kalau datang harus lebih unggul enggak bisa. Berarti kan mengalahkan yang lain kalau seperti itu, enggak bisa, harus ada kesadaran," katanya.

Sultan menambahkan dengan adanya kasus ini maka seharusnya yang diajarkan soal nilai-nilai sportivitas bukanlah pemain sepak bola tetapi justru suporternya.

"Untuk apa, suporter melakukan kekerasan fisik. Sportivitas itu yang perlu dididik bukan pemain tetapi suporternya," tandas Sultan.

Diberitakan sebelumnya, Sebanyak 12 orang ditetapkan menjadi tersangka kasus penganiayaan yang berujung tewasnya seorang suporter PSS Sleman, Aditya Eka Putranda.

Peristiwa penganiayaan ini terjadi pada Sabtu (27/8/2022) di palang pintu perlintasan kereta api Jalan Bibis, Mejing Kidul, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta.

Wakapolres Sleman, Kompol Andhyka Donny Hendrawan mengatakan, awal mulanya rombongan korban pulang dari Stadion Maguwoharjo melewati Jalan Bibis, Ambarketawang, Gamping.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/30/173640778/prihatin-suporter-pss-sleman-dikeroyok-hingga-tewas-sultan-kenapa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke