Salin Artikel

Dishub DIY Berlakukan Green Friday, Tiap Jumat Pegawai Dilarang Pakai Kendaraan Pribadi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Dinas Perhubungan Daerah Istimewa Yogyakarta mengajak masyarakat menggunakan moda transportasi umum dengan program green friday.

Program ini mulai berlaku sejak awal Agustus 2022.

Kepala DIshub DIY Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan, program Green Friday adalah program yang ditujukan kepada seluruh pegawai Dinas Perhubungan DIY.

Setiap hari Jumat, para pegawai Dishub DIY dilarang untuk mengendarai kendaraan bermotor pribadi.

"Intinya adalah bagaimana kami mengajak dan memberi contoh terkait penggunaan angkutan umum atau kendaraan tidak bermotor kepada masyarakat," ujar Made, saat dihubungi wartawan, pada Senin (29/8/2022).

"Memang banyak masukan juga ke kami terkait minimnya fasilitas halte dan lainnya, ini menjadi perhatian kami untuk perbaikan layanan ke depan," imbuh dia.

Selain bertujuan untuk mengajak masyarakat menggunakan transportasi umum, program green friday juga bertujuan sebagai sarana evaluasi bagi Dishub DIY dalam melayani masyarakat.

"Di samping itu (green friday) sebagai bahan evaluasi kami dalam melayani masyarakat yang menggunakan angkutan umum," kata dia.

Disinggung soal pegawai Dishub yang harus berpatroli apakah dilarang menggunakan kendaraan, Made mengatakan, bahwa pegawai saat berangkat menggunakan kendaraan umum dan beralih ke kendaraan dinas untuk patroli.

"Yang kami buat kebijakan untuk penggunaan kendaraan pribadi berangkat dan pulang kantor, kalau kendaraan dinas tidak, asal untuk dinas kantor," kata dia.


Ia mengungkapkan, pegawai di Dishub DIY tidak hanya berasal dari DIY saja tetapi juga ada yang bertempat tinggal di Boyolali, Jawa Tengah, dan setiap harinya perjalanan dari Boyolali ke Yogyakarta.

"Dari Boyolali, tapi dia transit di parkir Bandara kemudian naik Transjogja," ungkap dia.

Made berharap, dengan adanya program green friday ini dapat diaplikasikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya di luar Dishub DIY.

Sekretaris Daerah (Sekda) DIY Kadarmanta Baskara Aji menambahkan dirinya mengapresiasi program yang dilakukan oleh Dishub DIY.

Karena, selain untuk mempromosikan kendaraan umum, sekaligus untuk menjaga kebugaran pegawainya.

"Saya rasa bagus program Dishub, tiap Jumat pakai sepeda atau kendaraan umum tidak bawa mobil pribadi. Bisa meningkatkan kebugaran pegawai," kata dia.

Aji berharap, ke depan program ini dapat diterapkan di OPD lainnya karena dengan program ini dapat memberikan contoh bagi masyarakat.

"Bisa untuk mengurangi kepadatan lalu lintas, ini terkait dengan Dishub mengatur transportasi dengan baik," pungkas dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/29/141124678/dishub-diy-berlakukan-green-friday-tiap-jumat-pegawai-dilarang-pakai

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke