Salin Artikel

Sumbangan Sukarela Jalur Mandiri UGM, Rektor: 75 Persen Mengisinya Rp 0

Rektor UGM, Prof. Dr. Ova Emilia, M.Med. Ed., Sp.OG(K)., Ph.D mengatakan pada penerimaan mahasiswa baru di jalur mandiri memang diperbolehkan untuk ada sumbangan tersebut. Namun hal ini diberlakukan sesuai dengan kemampuan orangtua mahasiswa. 

Bahkan mahasiswa diperbolehkan untuk tidak memberikan sumbangan saat diterima melalui jalur mandiri. 

"Di kami baru tahun ini ada ya, artinya ada, tetapi dalam kaitannya sukarela, sukarela itu boleh (Rp) nol," katanya, Senin (22/8/2022).

Dia pun menyebut bahwa sebagian besar mahasiswa yang diterima di jalur mandiri mengisi Rp 0 untuk sumbangan sukarela tersebut. 

"Dan ya hasilnya sih lebih dari 75 persen mengisinya Rp 0," tuturnya.

Ova menyebut besaran sumbangan sukarela diisi ketika sudah ada pengumuman dan calon mahasiswa dinyatakan diterima di UGM. Sehingga besaran sumbangan tidak diisi saat pendaftaran seleksi jalur mandiri. 

Terkait dengan pencegahan suap saat penerimaan mahasiswa baru jalur mandiri, dia menilai perlu adanya standar operasional prosedur (SOP) yang jelas dan terbuka. 

"Ya harus ada SOP, harus ada SOP dan itu harus terbuka ya. Jadi kalau di kita sudah ada SOP-nya dan semua orang bisa melihat tentang SOP tersebut," katanya.

 Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa UGM dari awal didesain adanya mekanisme subsidi silang.

"Iya, misalnya ada penurunan atau mungkin ada mahasiswa yang kebetulan orangtuanya usahanya bangkrut, atau meninggal, kayak gitu-gitu kan kita ada mekanisme subsidi silang," pungkasnya. (Penulis: Kontributor Yogyakarta, Wijaya Kusuma | Editor: Khairina)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/24/103151778/sumbangan-sukarela-jalur-mandiri-ugm-rektor-75-persen-mengisinya-rp-0

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke