Salin Artikel

Masyarakat Tidak Mampu di Gunungkidul Akan Terima STB Gratis

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, sudah mendata calon penerima Set Top Box (STB) gratis untuk masyarakat kurang mampu.

Saat ini sudah 61 kalurahan dari 144 kalurahan yang ada.

"Sejauh ini baru 61 kalurahan yang data calon penerimanya sudah terverifikasi. Sedangkan kalurahan lainnya masih berproses," kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik, Dinas komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Gunungkidul, Asar Janjang Riyanti saat dihubungi wartawan Jumat (12/8/2022).

Dijelaskannya, indikator penentu penerima STB gratis di antaranya tidak mampu, bisa diakses tv digital, hingga memiliki televisi.

"Saat ini terus berproses dan semoga segera selesai," kata Asar.

Kepala Diskominfo Gunungkidul Wahyu Nugroho mengatakan, saat ini koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang lain terkait pemberian STB gratis.

Adapun OPD lain itu yakni,Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMKP2KB) dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil).

Koordinasi ini terkait penentuan data yang bisa menerima program pemerintah pusat.

"Nanti data calon penerima ini akan diajukan ke pusat, baru nanti ditentukan berapa jumlah STB yang akan disalurkan," kata Wahyu.

Wahyu mengatakan, jika semuanya lancar diperkirakan realisasi penyaluran STB tersebut akan rampung di bulan September atau Oktober 2022.

Namun demikian, tetap bergantung kesiapan sarana dan prasarana.

"Sosialisasi juga masih terus berjalan untuk memastikan program transisi TV digital berjalan sesuai harapan," kata Wahyu. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/12/192418578/masyarakat-tidak-mampu-di-gunungkidul-akan-terima-stb-gratis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke