Salin Artikel

2 Tahun Absen, Upacara Bendera Peringati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI di Tengah Laut Pantai Baron Kembali

"Iya boleh bebas ikut. Kalau mau ikut pengibaran di tengah laut yang utama bisa berenang," kata Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono saat dihubungi melalui telepon Jumat (12/8/2022).

Dikatakannya, bagi masyarakat atau wisatawan yang ingin ikut pengibaran bendera di tengah samudra harus mengikuti safety briefing di depan posko SAR Baron 1 jam sebelum acara, atau pukul 09.00 WIB.

"Karena kami tidak menyediakan pelampung, jika ada yang mau ikut bisa bawa sendiri," kata Marjono.

Adapun upacara akan dimulai pukul 10.00 WIB dimulai dengan upacara di sekitar pantai, baru saat pengibaran dilakukan di tengah laut.

Marjono mengatakan peserta upacara akan diikuti oleh seluruh SAR Satlinmas DIY, dan masing- masing wilayah akan mengirimkan 20 orang perwakilan.

"Nantinya yang berenang 3 orang pasukan pengibar, 17 orang di belakangnya, dan 45 orang akan menyusul," kata Marjono.

"Setelah dua tahun tidak melaksanakan karena pandemi, besuk dilakukan lagi," kata dia.

Untuk keselamatan dan keamanan peserta upacara, sudah disiapkan empat perahu dan jetski SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul. Selain itu, 40-an perahu nelayan akan menjaga peserta di sekitar lokasi upacara.

"Untuk perahu nelayan disiapkan di sisi selatan lokasi pengibaran bendera," kata dia.

Dia menjelaskan, jika melihat grafik perkiraan gelombang diperkirakan aman. "Untuk gelombang aman bagi peserta," kata dia.

Sebagai catatan, upacara bendera di tengah laut di Pantai Baron ini merupakan tradisi yang digelar tahunan, dan absen sejak 2020 sejak Covid-19 mewabah.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/08/12/125632378/2-tahun-absen-upacara-bendera-peringati-hut-ke-77-kemerdekaan-ri-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke