Salin Artikel

Pertama di Indonesia, Pejabat Ikuti Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

KULON PROGO, KOMPAS.com – Sebanyak 62 pejabat di lingkungan struktural Pemerintahan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, ikut uji kemahiran lisan dan tulis.

Uji yang dikenal sebagai Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) berlangsung di aula Adhikarta komplek Pemkab Kulon Progo.

Para pejabat mengikuti uji kemahiran dalam memahami hal yang didengarkan dan bacaan serta kemahiran menulis hingga berbicara dalam Bahasa Indonesia. Selain itu, UKBI menguji pemahaman kaidah bahasa.

“Ini merupakan satu alat uji untuk mengukur kemahiran seseorang berbahasa Indonesia,” kata Kepala Balai Bahasa Propinsi DIY, Dwi Pratiwi, Selasa (26/7/2022).

Dalam keterangan tertulis Kominfo Kulon Progo, UKBI tes standar dari Kemendikbud RI. Tes tersebut sudah dimulai di tahun 1997, kemudian dikembangkan pada 2003, lalu diluncurkan pada 2006. Uji ini kemudian jadi tes standar pada 2021.

Pelaksanaannya terdapat sesi mendengarkan, merespons kaidah, membaca, menulis, dan berbicara.

Dwi mengungkapkan, UKBI akan berlangsung serentak di seluruh Indonesia. UKBI di kalangan pejabat Kulon Progo merupakan gelaran pertama kali di DIY. Pemkab bekerja sama dengan Balai Bahasa DIY.

Tes berbahasa ini berbasis komputer dan internet yang adaptif menyesuaikan kemampuan peserta.

Uji bertujuan untuk menanamkan kecintaan masyarakat dan pemangku kepentingan akan Bahasa Indonesia.

"Hasil yang diharapkan, nantinya mereka lebih arif lagi menyikapi kecintaan mereka terhadap Bahasa Indonesia, karena kadang-kadang kita menganggap bahasa tidak penting, padahal Bahasa Indonesia sangat bagi kita terutama dalam dunia pekerjaan," kata Dwi.

Sekretaris Daerah Kulon Progo, Astungkoro mengungkapkan, UKBI pada pejabat pemerintahan daerah di Kulon Progo diklaim sebagai pertama dilakukan di Indonesia.

Selanjutnya, UKBI juga akan berlangsung di pemerintah kabupaten, pemerintahan provinsi, hingga penerimaan pegawai.

"Kemungkinan akan menjadi pilot projek untuk digunakan pemerintah daerah lain. Jadi, Kulon Progo ini menjadi yang pertama,” kata Astungkoro.

Hasil uji bisa diketahui langsung dengan predikat, mulai dari terendah, marginal, madya, unggul, sangat unggul dan istimewa.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/07/26/233031278/pertama-di-indonesia-pejabat-ikuti-uji-kemahiran-berbahasa-indonesia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke