Salin Artikel

Pemkab Sleman Tanggung Biaya Pengobatan Korban Kerusuhan di Babarsari dan Jambusari

Diketahui saat ini total ada enam korban luka dari dua kejadian tersebut.

Sekretaris Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Sleman, Abu Bakar mengatakan, usai kejadian telah dilakukan pertemuan yang dihadiri oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) DI Yogyakarta Brigjen Pol Andry Wibowo.

"Tindak lanjut dari kemarin. Artinya ada beberapa sisi yang akan kita tindak lanjuti. Kita perbaiki bareng-bareng," ujarnya saat ditemui usai kegiatan kerja bakti bersih-bersih, Selasa (5/07/2022).

Hal pertama yang akan ditindaklanjuti adalah masalah kesehatan. Dia mengungkapkan biaya rumah sakit korban keributan akan ditanggung pemda. 

"Dari  yang cidera kemarin pasca kejadian di hari Sabtu semua biaya pengobatan, biaya rumah sakit akan ditanggung oleh Pemkab Sleman," tegasnya.

Dia mengatakan enam korban yang terdata saat ini dirawat di RS JIH dan RS Bethesda.

"Baik yang dirawat di JIH maupun yang dirawat di Bethesda akan ditanggung sesuai dengan aturan yang berlaku," tandasnya.

Selanjutnya yang akan menjadi perhatiana adalah pemulihan ekonomi pascakejadian. Pemulihan ekonomi dimulai dengan melakukan kegiatan kerja bakti bersih-bersih di ruko Babarsari yang menjadi sasaran perusakan pada Senin (4/07/2022) kemarin.

Kegiatan bersih-bersih melibatkan sebanyak 100 orang. Mereka yang terlibat dalam kegiatan dari unsur DLH, Satpol PP, Kecamatan Depok, Kalurahan Caturtunggal, Polsek Depok Barat, Polsek Depok Timur, Polsek Bulaksumur, Koramil dan relawan-relawan masyarakat.

Tujuan dari kegiatan bersih-bersih agar masyarakat yang melintasi wilayah ekonomi daerah Seturan, Babarsari tidak trauma. Selain itu agar perekonomian bisa kembali pulih.

Masyarakat pemilik toko dan karyawan bisa masuk kerja kembali.

"Artinya ini bersih-bersih di wilayah ini akan memberikan rasa nyaman. Tidak hanya kepada pemilik toko tetapi juga masyarakat yang berlalu-lalang di wilayah Seturan ini. Dan juga mahasiswa sudah pada datang ini. Nantinya biar mahasiswa yang baru-baru tidak melihat Seturan seperti yang itu," tuturnya. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/07/05/174020778/pemkab-sleman-tanggung-biaya-pengobatan-korban-kerusuhan-di-babarsari-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke