Salin Artikel

Jokowi Membeli Sapi 1 Ton di Bantul Seharga Rp 125 Juta

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo membeli seekor sapi dari salah satu peternak di Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta untuk hewan kurban.

"Iya (Jokowi membeli sapi) di daerah Canden (Kapanewon Jetis) ," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bantul, Joko Waluyo, saat dihubungi melalui sambungan telepon, pada Senin (4/7/2022).

Harga sapi kurban yang dibeli mantan Gubernur DKI Jakarta itu senilai Rp 125 juta, dengan berat 1 ton 55 kilogram.

"Untuk lokasi penyembelihan tidak tahu, Setneg (Sekretariat Negara) yang tahu," kata Joko.

"Apakah sapi kurban Pak Jokowi akan dipotong di Gedung Agung atau di Cangkringan karena ada dua ekor sapi (sebelumnya membeli seekor sapi di Sleman-red) kurban yang dibeli Pak Presiden Jokowi," kata dia.

Joko menyebut, selain Presiden, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X juga membeli tiga ekor sapi dari peternak sapi di Kapanewon Imogiri.

Dia mengatakan, sapi pembelian Presiden dan Gubernur DIY saat ini dalam pengawasan dari petugas di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian untuk memastikan tidak terpapar penyakit ataupun penyakit mulut dan kuku (PMK) yang saat ini merebak.

"Sapinya harus sehat sampai hari kurban nanti," kata dia.

Dia menuturkan, sampai saat ini, ternak suspek PMK ada 2.484 ekor dan sembuh sudah sekitar 500 ekor, dengan kematian 11 ekor.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/07/04/130835378/jokowi-membeli-sapi-1-ton-di-bantul-seharga-rp-125-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke