Salin Artikel

Siswa SMP di Gunungkidul Diduga Diculik dan Dianiaya, Keluarga Berharap Polisi Segera Tangkap Pelaku

YOGYAKARTA,KOMPAS.com-Penasehat hukum keluarga anak korban penculikan dan penganiayaan, Suraji Noto Suwarno, berharap polisi serius menangani kasus penganiayaan tersebut,

"Tadi datang ke polres untuk konfirmasi sejauh mana perkembangan kasus ini (penganiayaan anak)," kata Suraji ditemui di Bangsal Sewoko Projo, Wonosari, Gunungkidul, DI Yogyakarta, Senin (27/6/2022).

Dijelaskannya, hingga kini pihak kepolisian sudah memeriksa beberapa saksi terkait penculikan dan penganiayaan korban berinisial YTL yang masih 14 tahun.

Suraji menilai, jika melihat video yang beredar dan pengakuan korban, seharusnya pelaku bisa dijerat dengan Undang-undang Perlindungan anak, hingga UU Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Sebab, terjadi penganiayaan hingga beredarnya video.

Apalagi, lanjut Suraji, ada pengakuan dari pelaku penganiayaan jika ada pihak yang sebelumnya menyebut YTL sebagai pelaku pencurian.

"Saya berpikir tidak ada tersangka tunggal, turut serta dari pihak lain ada," kata Suraji.

Dia berharap polisi segera menangkap pelaku dan segera mengamankannya karena khawatir YTL semakin trauma.

Pihaknya juga sudah melakukan trauma healing kepada korban.

"Idealnya pelaku sudah diamankan, artinya jangan sampai anak itu melihat pelaku entah bahasa itikad baik meminta perdamaian, pertanggungjawaban, jangan sampai ketemu dengan pelaku," kata dia.

Gelar perkara

Kepala Unit Pelayanan Perempuan dan Anak (Kanit PPA) Polres Gunungkidul Iptu Ratri Ratnawati mengatakan, saat ini pihaknya melakukan gelar perkara kasus tersebut.

"Hari ini baru gelar terkait perkara itu," kata Ratri saat dihubungi wartawan melalui telepon.

Sebelumnya, seorang siswa SMP warga Kapanewon Karangmojo, Gunungkidul, DI Yogyakarta, mengaku diculik dan dianiaya karena dituduh mencuri tabung gas LPG (elpiji) milik warga.

Bahkan pemukulan itu direkam dan tersebar di aplikasi percakapan.

"Katanya ada pencurian gas LPG, ada yang mengatakan anak saya yang mencuri," kata Ribut Jemani, orangtua korban yang ditemui di rumahnya, Selasa (21/6/2022).

Insiden berawal ketika korban berinisial YTL (14) pelajar kelas 7 SMP, baru merapikan masjid seusai acara shalawat, dijemput temannya membeli bensin, Senin (20/6/2022) dini hari.

Namun ternyata itu hanya rayuan. Di jalan, ia dicegat warga dan YTL dibawa ke sebuah rumah di Kapanewon Ponjong.

Di sana sudah menunggu 7 orang, dengan seseorang menginterogasi perihal pencurian yang tidak dilakukannya.

"Di sana anak saya harus mengakui perbuatan yang tidak dilakukan karena banyak orang. Anak saya ketakutan. Dalam pengakuan jualnya ke mana, dia tidak tau, wong dia tidak mencuri," kata Ribut.

"Saat itu dilakukan pemukulan oleh orang itu," kata dia.

Terdapat luka di wajah T, pada bagian hidung masih terlihat bekas pemukulan.

"Saya cuma minta keadilan pelaku dihukum. Kemarin saya laporkan ke Polres Gunungkidul. Hari ini saya dipanggil ke Polres untuk dimintai keterangan," kata Ribut

YTL mengaku dipukul beberapa kali oleh seorang warga yang menanyai tentang pencurian itu. Bahkan hidungnya sampai berdarah.

"Kanan 3 kali, kiri 3 kali. Sama dijambak," kata YTL

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/27/191131178/siswa-smp-di-gunungkidul-diduga-diculik-dan-dianiaya-keluarga-berharap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke