Salin Artikel

[POPULER YOGYAKARTA] Saat Gibran Jawab Kritikan Politisi PKS... | 75 SMP di Gunungkidul Kekurangan Murid

KOMPAS.com - Kritikan muncul seiring terpilihnya Wali Kota Solo Gibran Rakabuming menjadi Ketua Indonesia ASEAN Para Games 2022 Organizing Committee (INASPOC) 2022.

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera menyebut Gibran ketua INASPOC karbitan.

Sementara itu, berita soal banyaknya sekolah di Gunungkidul yang kekurangan murid juga menjadi sorotan.

Hal itu terungkap setelah muncul hasil Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Tahun Ajaran 2022-2022.

Berikut ini berita populer Yogyakarta secara lengkap:

Berdasar hasil PPDB online, beberapa sekolah negeri kekurangan murid. Totalnya ada 75 sekolah yang terdiri dari 36 sekolah negeri dan 39 sekolah swasta.

"Untuk kekurangan paling banyak di sekolah swasta. Untuk negeri juga ada, terutama yang berada di pinggiran," kata Kepala Bidang SMP, Dinas Pendidikan Gunungkidul, Tijan saat dihubungi wartawan melalui telepon Minggu (26/6/2022).

Gibran mengakui telah mendengar soal kritikan politisi PKS itu. Gibran pun menjelaskan, dirinya juga tak ada ambisi untuk menjadi ketua.

Gibran justri mempersilakan pengritiknya untuk menggantikan dirinya sebagai ketua.

"Lha sopo sing pengen dadi ketua? Kene moro neng Solo ngganteni aku (Siapa yang pengen jadi ketua? Sini datang ke Solo menggantikan saya)," tuturnya.

Menanggapi wacana pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies-Ganjar, Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo menegaskan, partainya masih menunggu keputusan resmi dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri.

Keputusan Ketum PDI-P menjadi putusan akhir dan berlaku untuk semua kader jelang Pilpres 2024.

"Kalau saya tetap tegak lurus dengan Ketua Umum (Megawati Soekarnoputri)," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Minggu (26/6/2022).

Wakil Bupati Bantul Joko B Purnomo mengatakan, prosesi misa hari ini menyedot ribuan warga sehingga bisa meningkatkan perekonomian warga Bantul.

"Momentum ini juga bisa memberikan kontribusi kepada Bantul terutama kehadiran umat lebih dari 5.000 dan mereka bisa menikmati dan jalan-jalan di Bantul. Tentu Pemkab Bantul akan mendukung kegiatan misa proses agung apalagi kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahunnya," ucap Joko.

(Penulis : Kontributor Solo, Labib Zamani, Kontributor Yogyakarta, Markus Yuwono | Editor : Teuku Muhammad Valdy Arief, Priska Sari Pratiwi)

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/27/064100478/-populer-yogyakarta-saat-gibran-jawab-kritikan-politisi-pks--75-smp-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke