Salin Artikel

Berkunjung ke UGM Yogya, Presiden Jerman Saksikan Pameran Produk Penelitian

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmei berkunjung ke Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta.

Presiden Frank-Walter Steinmei tiba di Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM) sekitar pukul 14.00 WIB dan disambut oleh Rektor UGM Ova Emilia serta jajaran pejabat rektorat.

Setibanya di UGM, Frank-Walter Steinmei menyaksikan pameran produk penelitian di Balairung. Salah satunya adalah stand project Get-in CICERO.

"Jadi tadi Saya menjelaskan tentang project Get-in CICERO," ujar Dosen Teknik Geologi Fakultas Teknik UGM Doni Prakasa Eka Putra saat ditemui di Balairung, Jumat (17/6/2022).

Doni menjelaskan, Get-in CICERO merupakan singkatan dari German Indonesian Geo-Campus in Indonesia for Competence in Education and Research for Organizations.

Get-in CICERO adalah proyek kerja sama antara Fakultas Teknik UGM dengan Faculty of Geo-Resources and Materials Engineering, RWTH Aachen, Jerman.

"Kerja sama ini sudah berlangsung sejak 2018 dan sekarang masuk tahun kelima," ucapnya.

Koordinator program kerja sama ini adalah Prof.Dr.Thomas R Ruede dari RWTH Aachen dan Dr.rer.nat Doni Prakasa Eka Putra dari Universitas Gadjah Mada.

"Yang menarik dari kerja sama ini Universitas Gadjah Mada didukung dengan peralatan yang disponsori oleh kementerian pendidikan dan penelitian disana (Jerman)," jelasnya.

Doni menuturkan, ada 9 alat yang dihibahkan ke UGM. Alat -alat tersebut untuk mendukung penelitian di bidang geologi.

Selain alat, kerja sama ini juga meliputi workshop, konferensi, pertukaran pelajar, pertukaran dosen dan pertukaran staf.

Guna mewujudkan German Indonesian Geo-Campus tersebut, didirikan kantor perwakilan.

Kemudian, ada laboratorium terpadu sebagai pusat penelitian, platform edukasi dan penelitian bersama.

Laboratorium terpadu Get-in CICERO diresmikan pada tanggal 9 April 2018 di Departemen Teknik Geologi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Ada 4 bidang penelitian utama yaitu Cluster Environment and Water, Cluster Sustainable Geo-Resources, Cluster Geohazards and Coastal Risks, dan Cluster Energy and Raw Material Efficiency.

Usai melihat pameran produk penelitian, Presiden Republik Federal Jerman Frank-Walter Steinmei langsung menuju Balai Senat UGM untuk mengikuti diskusi bertajuk "Food Security, Global Challenges, and Dependencies".

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/17/162620078/berkunjung-ke-ugm-yogya-presiden-jerman-saksikan-pameran-produk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke