Salin Artikel

PMK Menyebar ke 300 Ternak di Kulon Progo, Dinas Pertanian Pastikan Penyediaan Hewan Kurban Tidak Terganggu

Satu kasus PMK berakhir dengan kematian pada ternak.

“Secara umum sebarannya 307,” kata Kepala DPP Kulon Progo, M Aris Nugroho dalam rilis berita Kominfo Kulon Progo, Selasa (14/6/2022).

Walau menjangkiti ratusan ternak, dinas pertanian memastikan penularan penyakit itu terkendali. Pasalnya, sebaran kasus terdapat di kandang-kandang yang tersentralisasi.

Selain itu, tampak terjadi kesembuhan yang tinggi pada ternak tertular. Saat ini kesembuhan mencapai 40 ekor.

"Ini menunjukkan PMK bisa disembuhkan. Masyarakat diimbau untuk segera menginformasikan jika ada gejala pada hewan ternaknya agar segera ditangani,” kata Aris dalam rapat Forkompinda yang membahas dukungan kebijakan penanggulangan PMK di komplek Pemkab.

Sementara itu, Penjabat Bupati Kulon Progo, Tri Saktiyana menyampaikan, masyarakat masih memerlukan informasi lengkap soal PMK. Karenanya pemerintah perlu menggenjot sosialiasi dan edukasi soal PMK pada masyarakat.

Informasi yang cukup akan meredakan kepanikan masyarakat pada penyebaran penyakit ini.

"Kita memang masih perlu edukasi lebih luas lagi tentang PMK, agar informasi tentang PMK ini lebih proposional. Ada orang yang sangat-sangat takut dan panik, namun ada juga yang menganggap biasa saja, dan ini perlu juga dijelaskan bahwa PMK tidak akan menular kepada manusia justru interaksi manusianya yang bisa menularkan antar sapi," kata Tri.

Pemerintah meyakini situasi PMK tidak mengganggu kesiapan hewan kurban mendatang di wilayah Kulon Progo. Hal ini karena pemerintah telah menyiapkan pengendalian di lalu lintas keluar masuk ternak.

Ternak masuk Kulon Progo harus ada rekomendasi surat kesehatan hewan dari instansi terkait asal ternak. Hal ini guna mencegah PMK masuk.

Selain itu, DPP dan Fakultas Kedokteran Hewan UGM terus memantau hingga melakukan pendampingan dalam proses pemotongan beberapa titik penyembelihan hewan.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/15/102300778/pmk-menyebar-ke-300-ternak-di-kulon-progo-dinas-pertanian-pastikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke