Salin Artikel

Suspek PMK di Gunungkidul Capai 65 ekor, Peternak Diminta Mandi Sebelum Masuk Kandang

Data Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan sampai Rabu (1/6/2022), tercatat 65 ternak suspek penyakit mulut dan Kuku (PMK), 1 di antaranya mati.

"Sudah ada sapi mati umur 5 hari, berdasarkan laporan teman-teman di lapangan. Suspek 65 ekor sampai Rabu petang," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Gunungkidul Wibawanti saat dihubungi melalui sambungan telepon, Kamis (2/6/2022).

Dikatakannya, penyebaran suspek PMK berada di 6 kapanewon, meski demikian, dia tidak menyebut nama kapanewon karena khawatir nilai jual ternak di wilayah itu akan merosot.

Upaya penanggulangan sudah berkordinasi dengan Dinas Perdagangan Gunungkidul. Salah satunya menetapkan kebijakan penutupan seluruh pasar hewan untuk sementara waktu.

“Total ada 11 pasar hewan yang ditutup, tapi detailnya ada di dinas perdagangan,” kata Wibawanti.

Wibawanti berharap peternak yang dari luar atau dari pasar untuk mandi atau membersihkan badan sebelum masuk ke kandang.

Termasuk jika membawa kendaraan harus dibersihkan.

Hal ini lantaran virus PMK mudah menular melalui udara, dan bisa menempel di pakaian atau tubuh manusia.

"Ada baiknya sebelum ke kandang mandi dan ganti baju terlebih dahulu untuk mengurangi risiko adanya virus PMK yang menempel di tubuh atau pakaian. Kendaraan pun disemprot (desinfektan)," ucap dia.

"Selain itu menjadi budaya baru kandang yang kurang bersih bisa dibersihkan," kata Wibawanti. Upaya itu, lanjut dia untuk mencegah penularan PMK.

Meski hewan ternak yang terjangkit PMK risiko kematiannya keci, tetapi perlu diwaspadai karena meski tidak mati bisa berpengaruh terhadap berat badan hewan.

"Memang kematian hanya 5 persen, tapi bobotnya bisa berkurang seberat 20 kilogram per minggunya. Padahal, untuk menaikan satu kilo butuh perjuangan, makanya upaya pencegahan terus dilakukan,” ucap dia.

Kepala Dinas Perdagangan Gunungkidul, Kelik Yuniantoro mengatakan, sebanyak 11 pasar hewan ditutup sementara, mulai 2-14 Juni 2022.

"Penutupan dilakukan untuk penanggulangan dengan melaksanakan sterilisasi area pasar," kata Kelik.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/02/145605778/suspek-pmk-di-gunungkidul-capai-65-ekor-peternak-diminta-mandi-sebelum

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke