Salin Artikel

Curhat Pasang Kateter ke Pasien Pria di Medsos, Mahasiswi Keperawatan Ditarik dari Tempat Praktik

"Ketika aku harus masang kateter urin/DC untuk pasien cowok. Mana udah cakep, seumuran lagi," tulisnya. 

Kemudian di bagian bawah pemilik akun TikTok tersebut menulis "Tapi tetap harus profesional ygy".

Pada kolom komentar, banyak warganet yang menduga mahasiswi tersebut berasal dari Universitas Aisyiyah (Unisa) Yogyakarta.

Dugaan tersebut pun dibenarkan Kepala Biro Humas, Kerja Sama, dan Protokol Universitas Aisyiyah Yogyakarta Sinta Maharani. Dia mengatakan bahwa pengunggah yang memiliki akun TikTok @Moditabok itu merupakan mahasiswi Universitas Aisyiyah Yogyakarta.

"Benar itu mahasiswa Unisa Yogya," ujar Sinta Maharani dalam keterangan tertulis, Rabu (1/6/2022).

Sinta mengatakan sudah berkoordinasi dengan Kaprodi Keperawatan dan Dekanat Fakultas Ilmu Kesehatan terkait kasus tersebut. Menurut dia, Prodi Keperawatan juga sudah melakukan beberapa tindakan.

"Memperingatkan atau menegur mahasiswa tersebut terkait dengan konten yang telah dibuat. Menarik mahasiswa tersebut dari tempat praktik kliniknya," ucapnya.

Prodi Keperawatan Universitas Aisyiyah Yogyakarta juga memohon maaf kepada rumah sakit tempat mahasiswi tersebut praktik. Dia mengatakan, hari ini akan dilakukan pertemuan antara pihak kampus dan rumah sakit.

"Akan segera dilakukan pertemuan dengan direktur dan kadiklat rumah sakit tersebut," tegasnya.

Dia juga menjelaskan bahwa sebenarnya para mahasiswa telah menjalani berbagai pembekalan sebelum terjun ke lokasi praktik. 

"Sebelum mahasiswa terjun ke lahan praktik atau RS, mahasiswa telah mengikuti kegiatan pembekalan. Baik yang berupa kompetensi keahlian maupun pembekalan aspek etik. Termasuk menjaga privasi klien, keselamatan kerja, keselamatan pasien, dan mereka sudah lolos uji praklinik," tandasnya.

Sementara itu, pemilik akun TikTok @Moditabok juga telah membuat video klarifikasi terkait unggahannya. Dalam video klarifikasi, ia meminta maaf atas unggahannya tersebut dan telah menghapusnya. 

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/06/02/062547378/curhat-pasang-kateter-ke-pasien-pria-di-medsos-mahasiswi-keperawatan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke