Salin Artikel

Kenangan Ganjar bersama Buya Syafii Maarif, Tak Mau Pindah RS hingga Foto Bareng

"Saya tahu napasnya tersengal karena dibantu dengan oksigen, tapi semangatnya luar biasa," katanya, di Masjid Gedhe Kauman, Jumat (27/5/2022).

Ganjar mengungkapkan pengalaman itu didapatnya saat menjenguk Buya Syafii Maarif di Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Gamping beberapa waktu lalu. Saat itu, Ganjar juga mempertanyakan kenapa Buya tidak dirawat di rumah sakit yang lebih canggih fasilitasnya.

"Saat itu saya tanya ke Buya kenapa tidak dirawat di rumah sakit yang fasilitasnya lebih canggih, saat itu buya menjawab 'enggak di sini hebat kok'," kata dia.

Pada saat itu Ganjar tidak begitu lama menjenguk Buya Syafii Maarif mengingat kondisinya yang terlihat kurang baik. Dia mengaku setelah mengobrol terkait topik-topik yang ringan kemudian pamit.

"Saat mau pulang itu Buya ngomong 'jangan pulang dulu, aku difoto dulu sama Pak Ganjar'. Foto itulah kemudian sekarang saya simpan," kenangnya.

Setelah menjenguk, Ganjar mengaku, dirinya dia ditanya oleh Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri soal kondisi kesehatan Buya Syafii Maarif.

"Pak Presiden nanyain, Bu Mega juga nanyain. Karena kan beliau sering berkomunikasi dengan intens. Beliau bapak bangsa yang hebat," kata dia.

Ganjar menilai Buya Syafii Maarif merupakan bapak bangsa yang mampu mengayomi, memberikan rasa nyaman, dengan pemikiran yang sangat intelek.

Dia mengaku beberapa tahun lalu saat bertemu Buya juga sempat saling bertukar buku bacaan. Ia mengetahui kabar Buya meninggap dunia saat dia sedang menghadiri pelantikan Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM).

"Buya itu oke semangatnya luar biasa," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/27/190951878/kenangan-ganjar-bersama-buya-syafii-maarif-tak-mau-pindah-rs-hingga-foto

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke