Salin Artikel

Buya Syafii Maarif Meninggal, Kapolri: Kita Kehilangan Bapak Bangsa

"Tentunya dalam kesempatan ini kita semua mengucapkan turut berdukacita karena telah kehilangan tokoh dan bapak bangsa yang selama ini memberikan pesan-pesan kepada kita semua," ujar Listyo, saat ditemui di Masjid Gedhe Kauman, Kota Yogyakarta, pada Jumat (27/5/2022).

Listyo mengatakan, apa yang menjadi pesan Buya Syafii Maarif dapat diteruskan oleh generasi-generasi penerus bangsa, sehingga diharapkan Bangsa Indonesia menjadi lebih baik.

"Tentunya kita kehilangan namun demikian apa yang menjadi pesan amanah terus kita lanjutkan sehingga bangsa ini tentunya diharapkan terus bisa menjadi lebih baik," kata dia.

Listyo mengajak warga Indonesia untuk berdoa bersama agar Buya Syafii Maarif khusnul khatimah dan keluarga diberikan ketabahan.

"Kita doakan khusnul khatimah dan keluarga diberikan ketabahan, serta semua bisa berjalan dengan lancar, semua yang jadi amanah beliau bisa jadi kewajiban kita," pungkas dia.

Sebelumnya, Buya meninggal dalam usia 86 tahun pada Jumat (27/5/2022) pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah, Gamping, Kabupaten Sleman.

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif," ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Jumat (27/5/2022).


"Semoga beliau husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan di kuburnya, dan ditempatkan di jannatun na'im. Mohon dimaafkan kesalahan beliau dan doa dari semuanya," ungkap dia.

Buya Syafii Maarif dilarikan ke RS PKU Muhammadiyah Gamping sejak Sabtu (14/5/2022) akibat mengalami sesak napas.

Kondisi mantan Ketum PP Muhammadiyah periode 1998-2005 tersebut sempat membaik dan tidak begitu sesak napas.

Jenazah Buya Syafii Maarif disemayamkan di Masjid Gedha Kauman. Rencananya, Buya akan dimakamkan di daerah Kulon Progo.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/27/132953578/buya-syafii-maarif-meninggal-kapolri-kita-kehilangan-bapak-bangsa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke