Salin Artikel

Gubernur DIY Sri Sultan HB X Lantik Pj Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Penjabat (Pj) Wali Kota Yogyakarta dan Bupati Kulon Progo dilantik pada hari ini, Minggu (22/5/2022).

Dua nama yang akan mengisi kursi kepala daerah tersebut adalah Sumadi sebagai Pj Wali Kota Yogyakarta dan Tri Saktiyana sebagai Pj Bupati Kulon Progo.

Sumadi menggantikan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti yang masa jabatannya habis hari ini, sedangkan Tri Saktiyana menggantikan Bupati Kulon Progo Sutedja.

Sumadi sebelum dilantik sebagai Pj Wali Kota Yogyakarta, merupakan Asisten Setda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Bidang Pemerintahan dan Administrasi Umum.

Sedangkan Tri Saktiyana yang mengisi sebagai Pj Bupati Kulon Progo, sebelumnya menjabat Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda DIY.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berpesan kepada Pj Wali Kota Yogyakarta dan Pj Bupati Kulon Progo agar mempersiapkan dan menjalankan pilot project reformasi birokrasi tematik pengentasan kemiskinan yang digagas oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara.

"Pilot project ini, diharapkan dapat menghasilkan output berupa daerah percontohan praktik reformasi birokrasi tematik pengentasan kemiskinan yang baik, dengan outcome terwujudnya Reformasi Birokrasi Tematik Pengentasan Kemiskinan yang berkualitas pada pemerintah daerah," ujar Ngarasa Dalem dalam pidato sambutannya, Minggu (22/5/2022).

Dengan dilantiknya penjabat kepala daerah tersebut, Sultan berharap keduanya segera beradaptasi untuk bekerja dan berpartisipasi secara aktif dalam agenda pilot project tersebut.

"Dengan kondisi seperti itu, saya berharap, agar Penjabat Wali Kota Yogyakarta dan Penjabat Bupati Kulon Progo, dengan didukung semua perangkat daerahnya, dapat segera 'cancut taliwanda' untuk menyukseskan agenda-agenda daerah yang sangat penting dalam waktu dekat ini," katanya.

Sultan menambahkan untuk penjabat yang sudah dilantik tidak diperbolehkan untuk mencabut keputusan bupati wali kota yang sudah dikeluarkan sebelumnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Yogyakarta Sumadi mengatakan setelah dilantik dirinya akan segera melakukan koordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di lingkup Pemerintah Kota Yogyakarta.

"Nanti saya juga akan sowan ke wali kota dan wakil wali kota mana prioritas-prioritas yang perlu dilanjutkan," kata dia.

Sementara itu Pj Bupati Kulon Progo Tri Saktiyana mengatakan dirinya setelah dilantik ini diminta oleh Gubernur DIY untuk mempersiapkan Pemilu selanjutnya dengan sebaik-baiknya.

Ia menambahkan, program yang akan dikerjakan pertama kali adalah pengentasan kemiskinan.

Sebab, jika dibanding dengan Kota Yogyakarta, angka kemiskinan di Kulon Progo lebih tinggi.

"Selain itu di Kulon Progo usia harapan hidup paling panjang, sehingga perlu hal yang khusus, jangan sampai usia harapan hidup panjang kemisikinan tinggi," katanya.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/22/125429778/gubernur-diy-sri-sultan-hb-x-lantik-pj-wali-kota-yogyakarta-dan-bupati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke