Salin Artikel

Sultan HB X Minta Warganya Bijak soal Masker: Pandemi Masih Ada

"Kalau saya, kalau memang biarpun di ruang terbuka kalau seperti Malioboro penuh ya harus bijak mau copot atau buka. Hanya masalahnya kan resikonya masih besar karena pandemi masih ada," katanya, Jumat (20/5/2022).

Sultan menambahkan masyarakat memang sudah diperbolehkan melepas masker saat berada di ruang terbuka dengan kondisi yang tidak berdesakan atau berkerumun.

Ngarsa Dalem menambahkan dibutuhkan kesadaran dari tiap individu saat melepas atau memekai masker saat di ruang terbuka dengan masyarakat yang ramai.

"Sekarang hanya tergantung dirinya, dengan banyak orang pakai masker atau tidak. Kearifannya sendiri," kata dia.

Sebelumnya, Kebijakan Presiden Joko Widodo soal melepas masker di tempat terbuka ditanggapi positif oleh pengunjung Malioboro, namun wisatawan tetap merasa takut jika melepas masker saat berada di lokasi yang banyak dikunjungi.

Salah satu wisatawan Malioboro Mutia Fahma (23) asal Batam mengatakan dirinya sudah berani membuka masker di daerah terbuka tetapi jika di dalam ruangan dirinya belum berani membuka masker.

"Sebenarnya senang akhirnya dua tahun sudah buka masker, kalau ramai desak-desakan masih takut (buka masker). Kalau sepi seperti ini berani, karena kalau pakai masker engap juga," kata dia, Kamis (19/5/2022).

Dia manambahkan bahwa ia sudah mendapatkan vaksin booster tetapi walaupun sudah mendapatlan vaksin booster dirinya tetap berhati-hati saat beraktivitas di liar rumah.

"Walaupun sudah booster tetap hati-hati, untuk jaga diri," katanya.

"Di transportasi umum juga pakai masker," katanya.


Wisatawan lain Sukistiadi juga mengungkapkan hal serupa dia merasa bebas karena dilonggarkan tetapi dirinya masih merasa canggung untuk membuka masker.

"Ya senang dengan dilonggarkan ini. Terpenting nyaman," kata dia.

Kendati demikian, dia tetap berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah mengingat pandemi Covid-19 belum berakhir.

"Ya tetap berhati-hati harus tau lokasi pakai masker dan tidak pakai. Seleksi lah untuk kesehatan diri sendiri," ujar dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/20/140439378/sultan-hb-x-minta-warganya-bijak-soal-masker-pandemi-masih-ada

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke