Salin Artikel

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Yogyakarta, Pasar Beringharjo Terpilih Jadi Lokasinya

Ketua Sekber Keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Widiasto Wasana Putra mengatakan, Pasar Beringharjo merupakan pusat ekonomi kerakyatan, sehingga dapat menggemakan nasionalisme ke seluruh masyarakat.

"Hari ini diperingati di Pasar Beringharjo di pusat ekonomi kerakyatan agar gema nasionalisme persatuan dan kesaruan bisa bergema di seluruh negeri," katanya, Jumat (20/5/2022).

Dalam peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini, dirinya mengingatkan kembali bahwa komponen-komponen yang membentuk Bangsa Indonesia, seperti bahasa, sampai suku-suku di Indonesia harus dijaga dengan serius.

"Hari Kebangkitan Nasional ini membangun kesadaran bersama untuk menjaga NKRI, menjaga Bhinneka Tunggal Ika," kata dia.

Ia menambahkan, semangat Budi Utomo yakni nasionalisme saat ini memiliki banyak tantangan ancaman disintregrasi bangsa yang muncul dari politik identitas atau politik yang mengatasnamakan agama.

"Kalau tidak bisa diatasi nanti bisa jadi negara gagal," kata dia.

Dalam acara ini, pihaknya menggandeng aliansi mahasiswa nusantara yang menggunakan beberapa baju adat sebagai simbol keragaman. Para mahasiswa juga membacakan Pancasila secara bergantian dan diikuti oleh para pedagang maupun pengunjung pasar.

Sementara itu, salah satu buruh gendong, Kasni, mengatakan, dia merasa senang dengan adanya peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Pasar Beringharjo.

"Seneng aku agar semangat selama-lamanya. Setiap hari juga ikut menyanyikan Indonesia Raya," kata dia.

Sementara itu, salah satu wisatawan asal Padang, Hermes, mengatakan, dia merasa terharu adanya peringatan Hari Kebangkitan Nasional di Pasar Beringharjo.

"Terharu baru pertama kalinya melihat peringatan di dalam pasar seperti ini," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/20/134925278/peringatan-hari-kebangkitan-nasional-di-yogyakarta-pasar-beringharjo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke