Salin Artikel

Tak Ada Pasien Covid yang Dirawat di Shelter Yogyakarta, Nakes Kembali Rawat Pasien Reguler

Sekretaris Daerah (Sekda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kadarmanta Basakara Aji mengatakan, sejak Covid-19 melandai shelter di DIY telah mengalami kekosongan.

"Tidak ada yang tinggal di shelter. Pasien hanya dirawat di rumah sakit dan di rumah. Sudah sejak beberapa minggu yang lalu kosong," katanya, Kamis (19/5/2022).

Meski begitu, shelter tetap disiapkan untuk menampung pasien Covid-19 jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Hal ini mengingat bandara sudah dibuka menerima penerbangan dari luar negeri.

"Bandara sudah dibuka untuk penerbangan langsung dari luar negeri, karena sebagian besar dari itu adalah PMI, penduduk Yogya, jika ada yang positif nanti bisa masuk ke shelter," jelas dia.

Menurutnya saat ini kebanyakan orang yang terpapar Covid-19 tidak bergejala atau bergejala ringan. Jika bergejala agak berat langsung dirawat di rumah sakit.

Sedangkan untuk nakes sudah dikembalikan ke rumah sakit masing-masing untuk merawat pasien non Covid-19.

"Itu kan sifatnya on call. Kalau ada (kasus) langsung kita tugaskan kembali," ujar dia.

Termasuk tempat tidur di rumah sakit yang awalnya digunakan untuk kasus Covid-19 sekarang dialihkan merawat pasien reguler.

Sementara itu Kabag Humas dan Protokol Pemerintah DIY Ditya Nanaryo Aji menambahkan, per 18 Mei 2022, dari 195 tempat tidur kritikal yang ada terpakai 20 atau 10.26 persen. Sedangkan tempat tidur non kritikal total sebanyak 1.540 dan terpakai 20 orang atau 4.68 persen.

"BOR non kritikal dan kritikal semua berada di rumah sakit," ujar dia.

Lalu penambahan kasus terkonfirmasi Covid-19  di DIY sebanyak 14 kasus. Sehingga total kasus terkonfirmasi menjadi  220.632 kasus.

"Penambahan kasus sembuh sebanyak 4 kasus, sehingga total sembuh menjadi 214.608 Kasus," kata dia.

https://yogyakarta.kompas.com/read/2022/05/19/172607478/tak-ada-pasien-covid-yang-dirawat-di-shelter-yogyakarta-nakes-kembali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke